Sebanyak 100 personel gabungan di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengamankan jalannya pelaksanaan ibadah Misa Malam Natal di daerah itu, sehingga berjalan aman, lancar, dan damai.

Wakapolres Belitung, Kompol Yudha Wicaksono di Tanjung Pandan, Minggu mengatakan 100 personel gabungan tersebut terdiri dari TNI/Polri, Satpol PP beserta personel lainnya yang tergabung dalam Operasi Lilin Menumbing 2023.

"Untuk mengamankan jalannya kegiatan Misa Malam Natal di gereja-gereja Belitung kami menurunkan kurang lebih sebanyak 100 personel gabungan," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan patroli gabungan ke sejumlah gereja sedang melaksanakan ibadah Misa Malam Natal seperti GPIB Immanuel Tanjung Pandan dan Gereja Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan.

"Pada malam hari kami melaksanakan patroli bersama untuk mengecek kegiatan Misa Malam Natal," ujarnya. 

Dikatakannya, patroli gabungan tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Kristiani di daerah itu yang tengah melaksanakan ibadah Misa Malam Natal.

Selain itu, lanjut Kompol Yudha, pihaknya juga menempatkan sejumlah personel di sejumlah gereja melaksanakan kegiatan ibadah Misa Malam Natal.

"Sedangkan potensi ancaman yang kami antisipasi pertama seperti rawan kemacetan, gangguan kamtibmas, dan pencurian kendaraan bermotor," katanya. 

Ia mengimbau, masyarakat di daerah itu untuk menjaga situasi kamtibmas agar perayaan ibadah Malam Misa Natal berjalan kondusif.

"Kemudian kami juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah Natal kepada seluruh masyarakat yang merayakannya," ujar Kompol Yudha.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023