Saint-Ètienne (Antara Babel) - Striker Inggris Jamie Vardy siap berjuang memperkuat lini serang skuad Three Lions menghadapi Slovakia. Striker ini mengoleksi 24 gol di Liga Inggris di musim kompetisi 2015/16.

Vardy sosok pemain yang siap sedia memberi penampilan terbaik, bukan justru menggadai harga diri demi masuk jajaran elite.

Inggris siap menghadapi laga terakhir melawan Slovakia dalam laga Grup B Piala Eropa 2016, yang digelar di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Ètienne, pada Selasa dini hari, pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Vardy bersama dengan Daniel Sturridge memberi sukacita setelah Inggris mengalahkan Wales 2-1 dalam laga pekan lalu. Kemennangan itu membuat timnas asuhan pelatih Roy Hodgson memuncaki Grup B.

Inggris bakal melenggang ke babak 16 besar kalau memang dapat mengalahkan Slovakia. Hanya saja, kalau Wayne Rooney dan kawan-kawan beroleh hasil imbang maka perjuangan perlu lebih ekstra ngotot, jika memang Wales gagal mengalahkan Rusia.

Vardy menargetkan menang dan yakin benar bahwa kekuatan Inggris justru berada di lini serang.

"Jika ada sesuatu yang tidak bekerja sesuai yang anda harapkan, maka dia perlu masuk ke lapangan agar ada perubahan," kata Vardy. "Kami punya 23 pemain dalam skuad. Ini laga dari tim."

Kemenangan 2-1 atas Rusia membuka peluang bagi tim asuhan Jan Kozak untuk sampai ke babak knockout. Tentu, kemenangan atas Inggris perlu mereka wujudkan.

Gelandang Napoli Marek Hamsik berperan krusial ketika menang atas Rusia. Dia memberi umpan agar tercipta gol pembuka, kemudian menciptakan gol kedua, sementara bek-tengah Slovakia Martin Skrtel menyatakan kapten tim bermain inspiratif bagi tim.  

Komentar pelatih:

* Ján Kozák (Slovakia):
"Saya terus membuat banyak perubahan bagi penampilan tim, karena tuntutan laga. Inggris tampil berbeda dari Rusia. Saya tahu persis. Mereka tampil dengan gaya permainan berbeda, dengan begitu kami harus menyiapkan diri untuk menghadapi mereka."

"Sejujurnya, kami bukan tim yang cukup kuat untuk melawan tim sekelas Inggris. Kami harus fokus kepada gaya permainan sendiri jika memang ingin meraih sukses."

"Kami terus menyiapkan diri sebaik mungkin. Kami berharap dapat berkembang. Karena Inggris tampil menyerang, kami hanya bisa berkata satu hal yakni menyiapkan diri sebaik mungkin. Kami perlu menunjukkan rasa hormat kepada setiap lawan."

"Setiap pertandingan merupakan turnamen yang alot seperti laga ini. Setiap pemain berusaha tampil sebaik mungkin sesuai dengan kamampuannya. Inggris merupakan tim yang sulit dikalahkan."

* Roy Hodgson (Inggris):
"Para pemain siap tanding. Tidak ada masalah serius. Hanya pemain yang benar-benar siap yang akan tampil nanti. Penampilan Jamie (Vardy) dan Daniel (Sturridge) sangat baik ketika mereka masuk ke lapangan dan membuat perubahan bagi penampilan tim."

"Kami punya banyak opsi di lini depan. Perlu membuat keputusan soal susunan pemain. Ada banyak hal berkaitan dengan penampilan Slovakia. Di lini depan, dengan (Marek) Hamsik, (ondrej) Duda dan (Vladimir) Weiss memrupakan penyerang-penyerang yang mumpuni."

"Kami berharap dapat tampil baik kemudian mengalahkan mereka."     

Prediksi susunan pemain:

* Slovakia (4-2-3-1):
Kozá?ik (penjaga gawang); Pekarík, Škrtel, ?urica, Hubo?an; Pe?ovský, Kucka; Mak, Hamšík, Weiss; Nemec.
Absen jika menerima kartu dari wasit: Hrošovský, Kucka, Mak, Škrtel, Weiss, Durica

Inggris (4-3-1-2):
Hart (penjaga gawang); Walker, Smalling, Cahill, Rose; Dier, Wilshere, Rooney; Lallana, Vardy, Sturridge.
Absen jika menerima kartu dari wasit: Cahill

Data dan fakta (Opta Facts):

* Inggris dan Slovakia bertemu dalam tiga laga sebelumnya. Skuad Three Lions meraih tiga kemenangan.
* Tujuh dari delapan gol yang diciptakan Inggris melawan Slovakia tercipta setelah menit ke-60.
* Inggris menang 4-0 di pertemuan terakhir keduanya di laga persahabatan pada 2009. Kapten Wayne Rooney menciptakan dua gol, dan satu gol oleh Heskey dan Lampard.
* Slovakia tidak pernah meraih clean sheet dalam turnamen besar (enam pertandingan).
* Hanya satu laga yang diraih dengan hasil imbang oleh Slovakia dalam turnamen besar (1-1 melawan Selandia Baru di Piala Dunia 2010).
* Sejak 1980, Inggris mencapai babak knock-out di Piala Eropa sebanyak tiga laga dalam tujuh keikutsertaan mereka (1996, 2004, 2012).
* Inggris tidak terkalahkan dalam sembilan laga di ajang Piala Eropa (lima menang dan empat imbang).    
   
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

Lima laga terakhir:

* Slovakia: W L D W W
15/06/2016 Rusia 1 - 2 Slovakia
11/06/2016 Wales 2 - 1 Slovakia
04/06/2016 Slovakia 0 - 0 Irlandia Utara
29/05/2016 Jerman 1 - 3 Slovakia
27/05/2016 Slovakia 3 - 1 Georgia


* Inggris: W D W W W
16/06/2016 Inggris 2 - 1 Wales
11/06/2016 Inggris 1 - 1 Rusia
02/06/2016 Inggris 1 - 0 Portugal
27/05/2016 Inggris 2 - 1 Australia
22/05/2016 Inggris 2 - 1 Turki

Head To Head:
 28/03/2009 Inggris 4 - 0 Slovakia
11/06/2003 Inggris 2 - 1 Slovakia
12/10/2002 Slovakia 1 - 2 Inggris


Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Slovakia 0 - 2 Inggris (17persen)
* Slovakia 1 - 2 Inggris (15 persen)
* Slovakia 1 - 0 Inggris (10 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Slovakia: 0
* Inggris: 1

Pewarta:

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016