Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung memprakirakan tinggi pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka berkisar 2,25 meter berlaku pada Minggu (26/6).

"Diimbau nelayan meningkatkan kewaspadaan dan selalu membawa perlengkapan keamanan yang memadai sebagai antisipasi dini untuk menghindari hal-hal yang berbahaya selama berlayar," kata staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Tri Yulianto, Sabtu.

Sementara itu, tinggi pasang di perairan Membalong Kabupaten Belitung berkisar 2,.8 meter, Toboali Bangka Selatan 1,77 meter, Mentok Bangka Barat 1,29 meter, Kelapa Kampit Belitung Timur 1,48 meter, Belinyu Bangka 1,44 meter, dan Tanjungpandan Belitung 1,39 meter.

"Meskipun beberapa perairan pasang di bawah 2 meter namun diharapkan tetap waspada karena bisa saja berubah sewaktu-waktu," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, tinggi gelombang signifikan perairan di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa dan Selatan Bangka 0,5 meter, di Utara Bangka 0,75 meter dan Selat Karimata berkisar 1 meter.         
    
Ketinggian gelombang itu dipengaruhi kecepatan angin yang berhembus dari Timur ke Selatan berkisar 8-34 kilometer per jam. Ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian signifikan.

Ia mengatakan, seluruh daratan kabupaten/kota di provinsi ini hanya berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Rata-rata kecepatan angin berkisar 6-18 kilometer per jam dari Timur ke Selatan dengan suhu 24-33 derajat celcius dan kelembaban udara 58-98 persen.

"Diimbau warga tetap waspada terhadap kondisi cuaca yang cepat berubah terutama dalam skala lokal," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016