Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang menyatakan daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpotensi hujan merata dengan intensitas ringan pada Senin (27/6).

Berdasarkan pantauan satelit cuaca, seluruh daratan kabupaten/kota di provinsi ini akan diguyur hujan ringan dengan kecepatan dan arah angin berkisar 6-18 kilometer perjam dari Timur ke Selatan, suhu 24-33 derajat Celcius dan kelembaban udara 62-97 persen.

"Meskipun hanya berpotensi hujan ringan namun kami mengimbau untuk tetap waspada terhadap kondisi cuaca terutama pada skala lokal yang cepat berubah," kata Staf Koordinator Unit Analisis BMKG Pangkalpinang, Omar Mukhtar, Minggu.

Sementara itu, tinggi gelombang signifikan perairan di jalur penyeberangan Selat Bangka berkisar 0,25 meter, Selat Gelasa 0,5 meter, dan di Selatan Bangka, Utara Bangka serta Selat Karimata berkisar 0,75 meter dengan kecepatan angin rata-rata berkisar 8-34 kilometer per jam dari Timur ke Selatan.

Sedangkan pasang air laut di Membalong Kabupaten Belitung berkisar 2,10 meter, Sungailiat Bangka 2,08 meter, Toboali Bangka Selata 1,68 meter.

Kemudian di Kelapa Kampit Belitung Timur 1,39 meter, di Belinyu Bangka dan Tanjungpandan Belitung masing-masing 1,25 meter, dan di Mentok Bangka Barat 1,08 meter.

"Ketinggian gelombang maksimum di seluruh perairan itu dapat mencapai dua kali dari ketinggian gelombang signifikan. Pasang dan tinggi gelombang laut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung arah dan kecepatan angin," ujarnya. 

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016