Pangkalpinang (Antara Babel) - PT PLN Wilayah Bangka Belitung akan menyiapkan sebanyak 404 personel siaga 24 jam pada H-7 dan H+7 hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah di wilayah itu.

Deputi Manager Hukum-Humas PT PLN Wilayah Bangka Belitung, Agus Yuswanta di Pangkalpinang, Selasa, mengatakan personel tersebut terdiri dari 184 petugas siaga pada sistem pembangkitan dan 220 petugas jaringan pada sistem transmisi, gardu induk dan distribusi.

"Personel siaga tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi dan percepatan pemulihan apabila terjadi gangguan aliran listrik," katanya.

Ia mengatakan, untuk meminimalisir padam, pada sisi pembangkit PLN telah melaksanakan pemeliharaan agar mesin beroperasi lebih optimal. Dari sisi ketersediaan bahan bakar, pasokan BBM rata-rata cukup untuk 37 hari, sedangkan Batubara cukup untuk 44 hari.

"Untuk memperkuat pasokan listrik di Koba dan Toboali, PLN melakukan penambahan mesin PLTD 4x1,3 MW di Koba. Empat mesin PLTD ini didatangkan dari Pangkalpinang sejak Jumat (17/6) dan keempat mesin tersebut mulai beroperasi penuh pada Senin (28/6)," ujarnya.

Sementara, pada sisi transmisi, gardu induk dan distribusi PLN telah melakukan perambasan pohon dan pemeliharaan jaringan guna meminimalisir adanya gangguan.

Sedangkan untuk mempercepat pemulihan apabila terjadi gangguan aliran listrik, PLN menyiapkan posko layanan yang tersebar disembilan kabupaten/kota meliputi posko "distrbution control center" Bangka dan Belitung, posko rayon Pangkalpinang, Sungailiat, Muntok, Koba, Toboali, Tanjung Pandan dan Manggar.

"Kami juga menyiapkan sarana pendukung lainnya yakni 27 unit kendaraan pelayanan teknik, delapan unit trafo mobil, dua unit mobil genset dan beragam genset berkekuatan mulai dari 1-125 kVA," katanya.

Pewarta: Antara

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016