Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama DPD Perkumpulan Srikandi Kreatif Indonesia (Persikindo) Babel bekerja sama dalam mengembangkan UMKM, guna mendorong perekonomian masyarakat di daerah itu.

“Dengan bergandengan tangan, Insya Allah apapun itu akan lebih kuat untuk mengembangkan produk UMKM yang berdaya saing di pasar global," kata Penjabat Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Babel Safriati Safrizal di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan DPD Persikindo ini merupakan organisasi khusus perempuan pelaku usaha UMKM, sehingga dapat meningkatkan peran kaum perempuan dalam meningkatkan perekonomian keluarga dan pertumbuhan ekonomi daerah ini.

"Saya sudah melihat produk-produk UMKM seperti makanan, minuman hingga kerajinan yang dihasilkan dan saya sangat mengapresiasi produk-produk tersebut yang merupakan hasil produksi dari para pengurus Persikindo ini," ujarnya.

Tidak hanya itu, dalam waktu dekat Persikindo juga akan mengadakan pelatihan menjahit di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Pangkalpinang dan untuk kelancaran kegiatan tersebut diminta sinergitas dari semua pihak termasuk BKOW dan dukungan dari perbankan. 

“Yang penting sasaran kita adalah masyarakat, kita singkirkan dulu ego sektoral, ego organisasi supaya kepentingan masyarakat yang kita dahulukan," katanya.

Ia mengaku saat ini masih menjaring informasi dari berbagai pihak tentang banyaknya input kegiatan yang dilakukan oleh berbagai organisasi termasuk di dalamnya BKOW dan Persikindo serta organisasi lainnya yang nantinya akan disatukan menjadi kesatuan dan bergerak bersama-sama.

“Saya sudah mendengarkan bahwa ada 10 divisi di Persikindo, ini sudah lengkap sekali, mungkin masing-masing divisi itu nanti bisa berkegiatan. Mestinya tetap mempunyai kegiatan-kegiatan dalam setahun, jangan sampai lost, ini baru awal tahun jadi bisa dimulai dari divisi mana dulu” katanya.

Ia berpesan agar para pelaku usaha tetap terus berkesinambungan dalam memproduksi usahanya karena berarti ikut membantu orang lain yang terlibat dalam produksi usaha tersebut.

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024