Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA meninjau persiapan pembangunan dua pelabuhan di Kabupaten Bangka dan Bangka Barat, guna mendorong pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Pada April tahun ini peletakan batu pertama pembangunan dua pelabuhan ini dilaksanakan," kata Safrizal ZA saat meninjau persiapan pembangunan Pelabuhan Mantung Bangka, Jumat.

Ia mengatakan peninjauan persiapan pembangunan dua pelabuhan yang direncanakan mulai dibangun 2024, yaitu Pelabuhan Mantung Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka dan Pelabuhan Bakit Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat menggunakan anggaran dari Kementerian Perhubungan.

"Anggarannya sudah ada dari Kementerian Perhubungan dan sudah masuk persiapan lelang. Kita berharap tidak terlalu lama pelelangannya sesuai dengan ketentuan. Pembangunannya bisa sekitar enam sampai tujuh bulan," katanya.

Menurut dia pembangunan pelabuhan Mantung dan Bakit akan memberikan efek positif terhadap pembangunan di kedua desa, khususnya roda perekonomian. Konektivitas kedua wilayah lebih efektif karena melalui transportasi laut, atau kapal Ro-Ro dapat memangkas waktu tempuh.

"Dampak positifnya tentunya sangat signifikan untuk dunia ekonomi, dunia usaha," katanya.

Ia menyatakan dengan adanya pembangunan dua pelabuhan ini tentunya ongkos transportasi ini bisa hemat, berdampak pada harga barang. Kalau biaya transportasi berkurang, harga barang berkurang, inflasi terjaga. 

"Tahun ini diharapkan pembangunan pelabuhan ini selesai, apakah akhir tahun, atau awal tahun depan. Walaupun belum sempurna sudah bisa digunakan," ujarnya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024