Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menampung sejumlah masukan dari warga menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024.

"Setiap Jumat kami menggelar program bertemu langsung dengan warga untuk menampung berbagai aspirasi yang disampaikan, ini akan sangat bermanfaat bagi kita untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Wakapolres Bangka Barat Kompol Teguh Prasetyo di Mentok, Jumat.

Pada kegiatan Jumat Curhat hari ini pihaknya turun langsung ke tengah warga di Kecamatan Mentok dan berhasil mengumpulkan sejumlah masukan, saran dan kritik dari masyarakat, terutama terkait perkembangan kamtibmas di masa kampanye pemilu.

Besar harapan masyarakat agar polisi meningkatkan kegiatan patroli di lokasi-lokasi tempat kumpul warga dan tempat-tempat yang dinilai rawan terjadi tindak kriminal atau pelanggaran hukum lain.

"Menjelang akhir masa kampanye ini kami akan meningkatkan patroli untuk menciptakan situasi aman, tertib dan kondusif sehingga pemungutan suara bisa berjalan sukses, lancar, damai sesuai aturan yang ada," katanya.

Pada kesempatan bertatap muka langsung dengan warga, pihaknya juga memanfaatkan kesempatan itu dengan memberikan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat semakin paham dan patuh aturan hukum.

Ia mengingatkan agar warga tidak mudah terpengaruh dan percaya terhadap isu yang ada di media sosial yang belum tentu kebenarannya.

Masyarakat diminta untuk melakukan kajian atau penelusuran dan mencerna dengan baik agar bisa terhindar dari kemungkinan menjadi korban atau bahkan penyebar berita bohong.

Dengan melakukan penelusuran di kanal-kanal media resmi yang tersedia diharapkan bisa meningkatkan pemahaman dan pengetahuan sehingga kamtibmas menjelang pemilu bisa dijaga bersama-sama.

Masyarakat juga diminta proaktif memberikan masukan dan berupaya bersama-sama mengatasi mencegah muncul masalah di tengah masyarakat.

Kehadiran polisi di tengah masyarakat juga akan memberikan rasa aman dan nyaman, selain untuk mengeratkan tali silaturahim dan kebersamaan.

"Program ini dijadwalkan terus dilaksanakan di berbagai wilayah hukum Polres Bangka Barat guna memberikan pelayanan yang lebih baik dan menciptakan kondisi yang aman dan kondusif di tengah masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, situasi kamtibmas di seluruh wilayah hukum Polres Bangka Barat sejauh ini dinilai aman, lancar dan diharapkan terjaga seterusnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024