Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang menerima informasi kejadian yang menimpa 1 orang ABK kapal KM Laila yang terjatuh saat menjaring ikan di perairan laut Pulau Mas Pari.

KM Laila sebelumnya berangkat melaut dari Toboali, Bangka selatan pada 29 Januari 2024 menuju Fishing Ground di perairan Pulau Maspari, Kab. Oki Sumatera Selatan. Kemudian pada 31 Januari 2024, diperkirakan sekitar pukul 10.00 WIB Korban yang bernama Edi (L/35tahun) warga suka damai yang merupakan ABK Kapal KM Laila tidak terlihat di kapal sebelumnya korban berada  di sisi kapal dan diduga terjatuh di sekitaran pulau Maspari. Rekan korban yang menyadari bahwa korban tidak lagi berada dikapal berusaha melakukan pencarian terhadap korban dengan menelusuri kembali ke arah rute pergerakan kapal sebelumnya, namun korban hingga sore hari tidak ditemukan.

Kemudian rekan korban bersama ABK Kapal lainnya kembali ke Pelabuhan Suka Damai Toboali dan melaporkan kejadian tersebut kepada pemilik kapal. Mendapatkan informasi tersebut pemilik kapal meneruskan informasi tersebut ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang untuk meminta bantuan SAR.

Mendapatkan informasi tersebut, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang memberangkatkan 1 Tim Rescue dari Unit Siaga SAR Toboali dan didukung oleh Rescuer dari Kantor SAR Pangkalpinang bergerak menuju Last Known Position (LKP) dengan titik duga pada koordinat 03°12'41.91" S 106°14'10.75" E disekitar perairan Pulau Maspari.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa,S.H.,M.Si mengungkapkan" Kami menerima informasi dari Pemilik Kapal KM Laila terkait kejadian yang menimpa 1 orang ABK nya yang diduga terjatuh di sekitaran perairan maspari dan membutuhkan bantuan SAR. Tentunya kami segera merespon cepat laporan yang diterima terkait kejadian yang menimpa 1 orang ABK tersebut. Pencarian terhadap ABK tersebut juga turut dibantu oleh Polairud Polres Basel, ABK Kapal dan Pemilik Kapal. Semoga korban yang dicari, dapat dengan cepat ditemukan" Ungkap I Made Oka di Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024