Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mempermudah pelayanan publik melalui program Ajak Bupati kita sambang kampung (Aik bakung).

"Ini program strategis kami untuk mendekatkan pelayanan dengan masyarakat karena semua pelayanan di pemerintahan kita geser ke desa, sehingga mempermudah warga dalam mengurus segala urusan administrasi," kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Toboali, Kamis.

Aik bakung merupakan program yang diinisiasi oleh Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid agar pemerintah daerah lebih dekat dengan masyarakat untuk mendengarkan langsung keluh kesah, aspirasi dan menggeser pelayanan administrasi dari kantor ke kampung.

Bupati mengatakan, hingga kini program Aik bakung sudah dilaksanakan sebanyak 19 kali yang tersebar pada beberapa desa atau kampung.

"Program Aik bakung ini sebagai bukti dari kami bahwa pemerintah itu melayani dan pelayan masyarakat, bukan ingin dilayani," ujarnya.

Bupati mengklaim program Aik bakung mendapat tanggapan yang sangat positif dari masyarakat dan terus digulirkan pada beberapa kampung.

"Aik bakung untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus berbagai keperluan seperti administrasi, ataupun keperluan lainnya," ujarnya.

Program Aik bakung juga bentuk respon langsung dari pemerintah terhadap berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat

"Melalui Aik bakung ini, berbagai permasalahan di desa langsung bisa kita berikan solusi dan apa yang menjadi tuntutan masyarakat tentunya kita akan perjuangkan," katanya.

Bupati mengatakan, dengan hadirnya seluruh pelayanan pemerintahan di tengah masyarakat dapat memangkas birokrasi yang panjang.

"Warga tidak harus datang ke kantor pemerintahan untuk mengurus administrasi atau urusan lainnya, tetapi cukup mendatangi kegiatan Aik bakung maka semua pelayanan diselesaikan di satu tempat dalam waktu yang lebih cepat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024