Pelaksanaan sembahyang Imlek 2024 di Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terpantau sepi, karena perantau di daerah itu banyak yang mudik ke daerah asalnya untuk merayakan Imlek tahun ini.

Pantauan ANTARA di Kelenteng Kwan Tie Miau, yang merupakan kelenteng tertua di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu pukul 07.00 hingga 09.00 WIB, terpantau sepi dari pengunjung yang melaksanakan sembahyang Imlek.

Para pengunjung dengan tertib silih berganti sembahyang Imlek mendoakan arwah leluhur, orang tua, sanak keluarga yang telah meninggal. Terlihat para pengunjung dengan khusuk memanjatkan doa arwah leluhur dan keberkahan kepada dewa-dewa di dalam Klenteng Kwan Tie Miau yang didirikan pada 1797.

Di sekitar kelenteng aparat kepolisian dari Polresta Pangkalpinang berjaga untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan yang akan mengganggu pelaksanaan sembahyang Imlek.

Salah seorang pengurus Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang A Pao mengatakan pelaksanaan ibadah imlek berjalan lancar dan tertib.

"Hari ini masyarakat yang melaksanakan ibadah sepi, karena kemungkinan para perantau sudah kembali ke Jakarta," katanya.

Ia mengatakan dalam merayakan Tahun Baru Imlek tahun ini, Klenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang semalam (Jumat, 9/2) melaksanakan pesta kembang api dan barongsai.

"Pementasan barongsai dan pesta kembang api semalam ramai dikunjungi masyarakat keturunan Tionghoa dan Melayu," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024