Kapolres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak seluruh warga bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di masa tenang menjelang Pemilu 2024.

"Mari bersama-sama menjaga situasi kondusif di lingkungan masing-masing menjelang hari pemungutan suara Pemilu 14 Februari 2024 agar pesta demokrasi bisa berjalan lancar dan damai," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mentok, Minggu.

Ia mengatakan masyarakat perlu proaktif mengantisipasi kerawanan tindak kriminal dan pencegahan berita bohong yang beredar di media sosial menjelang Pemilu 2024 mendatang.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat agar dapat lebih dewasa menanggapi berbagai informasi berita hoaks di media sosial," ujarnya.

Menurut dia, media sosial menjadi salah satu sarana paling cepat untuk menyebarluaskan berita atau berbagai informasi, termasuk berita bohong, yang tentunya akan menimbulkan berbagai opini di masyarakat.

Hal ini perlu diantisipasi bersama, salah satunya dengan melakukan konfirmasi yang bisa dilakukan secara mandiri, yaitu dengan memperbanyak bahan bacaan di media-media arus utama yang bisa dipertanggungjawabkan.

"Berbagai informasi yang beredar belum tentu isi kebenarannya, kita harus dewasa bersikap dan memperluas wawasan agar tidak terpancing, selain itu juga perlu bijaksana untuk tidak ikut menyebarluaskan informasi yang tidak benar," katanya.

Kapolres juga berharap perlu adanya peran aktif dari pemerintah terlebih para ASN termasuk pihak KPU dan Bawaslu untuk tetap netral guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

Untuk bersama-sama menjaga kamtibmas menjelang Pemilu 2024 di seluruh wilayah hukum Polres Bangka Barat, Kapolres telah menerbitkan beberapa imbauan kamtibmas, yaitu meningkatkan Siskamling di lingkungan masing-masing guna mencegah kejahatan dan menjaga keamanan bersama.

Jika ditemukan adanya kejadian gangguan kamtibmas diharapkan segera menyampaikan informasi kepada aparat terdekat agar bisa segera ditindaklanjuti.

"Kami mengharapkan kawan-kawan media massa juga ikut andil menyukseskan pesta demokrasi melalui segala pemberitaan yang berkaitan dengan proses dan pelaksanaan Pemilu 2024, media merupakan rekan kerja bersama, berharap media dapat menyuarakan kebenaran, hal netral dan proporsional penting disampaikan sebagai bentuk kontrol sosial terhadap isu-isu yang berkembang," katanya.

Ia juga mengajak para pemuka agama, pemangku adat, dan para tokoh masyarakat untuk ikut mendukung tugas Kepolisian menjaga lingkungan tetap kondusif dan damai," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024