Puluhan anggota pramuka kwartir cabang Bangka Selatan mengikuti kelas pelatihan jurnalistik dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang ada di daerah itu, Senin (12/2).

Kegiatan yang terpusat di gedung Perpustakaan daerah (Perpusda) Kabupaten Bangka Selatan itu setidaknya diikuti sebanyak 33 pelajar di tingkat SMA.

Dalam kegiatan tersebut, mereka diberikan pengenalan ilmu jurnalistik seperti teknik dasar menulis sebuah berita, praktik wawancara, praktik reportase dan teknik pengambilan video televisi.

Wakil Ketua satu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Basel Eko Septianto Rasyim Basel, Selasa (13/2) mengatakan, pihaknya selama ini gencar memperkenalkan literasi kepada pelajar dengan harapan indeks literasi masyarakat Bangka Selatan semakin meningkat.

"Pelajar dituntut untuk menerapkan literasi sejak dini, karena itu berliterasi menjadi modal utama bagi mereka agar dapat meningkatkan kemampuan para pelajar, yang berpikir kritis, Inovatif serta menumbuhkan budi pekerti yang baik dilingkungan sekolah maupun kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Eko menilai, perjuangan anggota PWI Bangka Selatan dalam meningkatkan minat literasi di kalangan pelajar tidak sia-sia. Tahun kemarin dari hasil kelas literasi sudah berhasil mencetak seorang penulis yang handal di sekolahnya.

"Alhamdulillah beberapa tahun literasi yang kami gaungkan ada satu anak yang berhasil mencetak satu buku dan sudah diterbitkan. Tak hanya itu saat kegiatan ini berjalan terlihat ada interaktif pelajar dari sesi tanya jawab serta wawancara," lanjutnya.

Oleh karena itu, dirinya mengajak para pelajar untuk aktif dalam berliterasi karena literasi bukan hanya meningkatkan kemampuan baca melainkan juga menambah pengetahuan menulis para pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

"Literasi ini memiliki banyak manfaat terutama bagi yang melanjutkan ke bangku perkuliahan terutama lancar dalam menyusun karya ilmiah dan skripsi. Dengan tingginya animo berliterasi maka akan tumbuh generasi calon penerus masa depan dan pemimpin yang hebat dalam mempercepat pembangunan di  Bangka Selatan," harapnya.

Pewarta: Aprionis/Dika

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024