Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk di SMAN 1 Pemali Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagai komitmen perusahaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia berdaya saing masyarakat di lingkar penambangan.

"Hingga saat ini sudah 800 siswa kurang mampu yang menjadi alumni Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk ini," kata Kabid Humas Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Sihaan di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan PT Timah Tbk memberikan beasiswa pendidikan bagi masyarakat kurang mampu berprestasi di lingkar tambang yang ingin melanjutkan ke pendidikan SMA. Program ini, tidak hanya memberikan biaya pendidikan tetapi juga menunjang kebutuhan para pelajar yang mendapatkan beasiswa.  

"Para pelajar yang mendapatkan beasiswa ini ditempatkan di asrama dan berbagai kebutuhan siswa ini ditanggung oleh perusahaan," ujarnya.

Menurut dia melalui program beasiswa ini tentunya memberikan peluang pendidikan kepada masyarakat sekitar tambang. Langkah ini diambil sebagai bentuk kontribusi positif perusahaan terhadap perkembangan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat lokal.  

"Program beasiswa ini dirancang untuk mendukung siswa berprestasi dan berpotensi tinggi yang berasal dari keluarga masyarakat berpenghasilan rendah di sekitar area tambang," katanya.

Ia menegaskan tujuan utama dari inisiatif ini adalah meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan tinggi, memberikan peluang yang sama bagi mereka yang memiliki potensi namun terkendala secara finansial.   

"Berbagai manfaat dari program beasiswa ini tidak hanya terbatas pada siswa dan keluarganya, tetapi juga diharapkan akan menciptakan dampak positif pada komunitas setempat secara keseluruhan," katanya.

Ia menambahkan program beasiswa ini juga diarahkan untuk menciptakan efek positif dalam pengembangan sumber daya manusia lokal. Dengan memberikan peluang pendidikan kepada anak-anak masyarakat sekitar, perusahaan berinvestasi dalam pembentukan generasi penerus yang lebih terampil dan berpendidikan.

"Melalui program kelas beasiswa, PT Timah berusaha memberdayakan komunitas lokal, pendidikan dianggap sebagai kunci untuk memecahkan siklus kemiskinan, dan program beasiswa ini merupakan langkah nyata dalam arah tersebut," katanya.

Salah seorang siswa penerima Program Beasiswa PT Timah Tbk Naurah Ashira mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada PT Timah Tbk yang telah memberikan beasiswa pendidikan di SMAN 1 Pemali.

"Banyak manfaat yang dirasakan dari program beasiswa PT Timah Tbk, terutama bisa membantu meringankan orang tua," katanya.

Menurut dia dengan adanya program kelas beasiswa sangat membantu saya dan orang tua saya secara finansial dan akademik, karena dengan mengikuti program beasiswa PT Timah Tbk, biaya sekolah dan kehidupan saya selama di asrama ini ditanggung oleh PT Timah Tbk, jadi kami fokus belajar," katanya.

"Program kelas beasiswa PT Timah Tbk bisa membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkar tambang. Program ini membantu kami untuk meraih cita-cita asal kami mau bekerja keras dalam belajar," katanya.

Sama halnya dengan Dzakwan Ariqah pelajar asal Manggar, Kabupaten Belitung Timur mengatakan dirinya sangat bersyukur bisa mendapatkan program kelas beasiswa PT Timah Tbk.

"Saya merasakan bahwa saya berkembang menjadi pribadi yang jauh lebih mandiri dan bertanggung jawab. Saya termotivasi untuk menuntut ilmu dengan sungguh sungguh di lingkungan yang sangat kompetitif, sehingga saya terpacu untuk selalu belajar lebih baik lagi setiap harinya," katanya. 
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024