Salah satu tokoh masyarakat Bangka Belitung (Babel), Hidayat Arsani akan membagikan 10.000 pohon cabai siap panen dalam polibag secara gratis kepada warga kota Pangkalpinang dan Sungailiat kabupaten Bangka.

"Saya bagikan pohon cabai yang sudah siap dipanen dan ada juga yang sudah berbunga. Warga cukup merawatnya saja dengan baik. InsyaAllah dengan enam batang pohon cabai siap panen per satu rumah maka kebutuhan konsumsi mereka untuk cabai cukup selama satu tahun," katanya saat menyerahkan pohon cabai ke salah satu warga di Kelurahan Lontong Pancur, Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Kamis (7/3) sore.

Pembagian pohon cabai rawit ini perdana diberikan untuk warga Lontong Pancur, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi warga akan cabai rawit karena melonjaknya harga cabai saat ini sehingga menyebabkan salah satu faktor tingginya inflasi.

"Masyarakat harus mandiri menyediakan sendiri cabai untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga masing-masing. Dan pembagian bibit cabai kali ini selain sebagai percontohan juga agar warga bersemangat untuk merawatnya nanti," ujarnya.

Hidayat menambahkan, untuk Kelurahan Lontong Pancur ditargetkan sebanyak sekitar 100 rumah akan mendapatkan pohon cabai siap panen sebanyak 6 batang per rumah. Dan di tahap pertama  targetnya sebanyak 10.000 batang pohon cabai siap panen akan dibagikan secara gratis kepada warga se Kota Pangkalpinang.

"Untuk program ini kita sudah menyiapkan lahan 10 hektar sebagai lokasi pembibitan lengkap dengan para tenaga ahli dan pekerjanya sehingga nanti kita dapat merealisasikan program pembagian pohon cabai siap panen gratis untuk 100.000 rumah tangga dengan jumlah 600.000 batang pohon cabai," ujarnya.

Disela menyerahkan bantuan bibit pohon cabai ini, Hidayat yang didampingi istrinya Ni Komang Widari juga sempat berdialog dengan puluhan emak-emak sembari mencicipi mie kuah ikan di rumah salah satu warga.

Puluhan warga yang hadir mengaku senang dengan program pembagian pohon cabai siap panen ini karena saat ini harga cabai melambung tinggi membuat mereka kewalahan dalam memenuhinya.

Kepada emak-emak, hidayat juga mengungkapkan terkait perawatannya tidak perlu khawatir, dia akan menyiapkan Call Center Cabai yang bisa dihubungi jika ada pohon cabai yang sudah tidak produktif atau mati maka akan segera diganti dengan yang baru.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024