Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan anggaran Rp1,3 miliar untuk membangun berbagai fasilitas publik di Desa Permis, Kecamatan Simpang Rimba.

"Anggaran ini kita siapkan dalam APBD 2024, berdasarkan permintaan dan kebutuhan masyarakat yang disampaikan dalam kegiatan ajak bupati sambang kampung (aik bakung)," kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Toboali, Senin.

Sejumlah fasilitas publik yang akan dibangun di Desa Permis yaitu pembangunan ruang guru TK Darul Ulum, pemasangan conblok SD 06 Simpang Rimba, pengecoran jalan, pengadaan alat pembelajaran dan pengadaan sarpras nelayan Desa Permis.

"Anggaran yang kita gelontorkan tentu saja memperhitungkan dan mempertimbangkan anggaran yang ada, tetapi setidaknya keinginan mereka ini memang harus dilaksanakan sesuai dengan aspirasi yang disampaikan," kata bupati.

Bupati menyampaikan dalam kegiatan aik bakung ini semua pelayanan dibawa untuk mempermudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai administrasi baik dari kependudukan, pembuatan izin usaha, cek kesehatan gratis dan pelayanan publik lainnya.

"Selalu saya tegaskan ke jajaran OPD bahwa yang harus di ingat adalah kita ini pelayan masyarakat, bukan ingin dilayani masyarakat," kata Riza.

Ia mengatakan, program aik bakung terus dijalankan secara konsisten sejak dirinya menjabat sebagai kepala daerah untuk menyerap aspirasi dan memperpendek urusan birokrasi, terutama terkait pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

"Kita mendatangi sejumlah kampung dengan membawa rombongan pejabat dari OPD dan juga membawa pelayanan langsung di desa," ujarnya.

Bupati mengatakan, melalui program aik bakung ini dirinya bisa bertemu langsung dengan masyarakat dan mengecek langsung program pembangunan yang sudah berjalan.

"Jadi saya tidak hanya sekadar menerima laporan saja, tetapi turun langsung ke lapangan melihat kondisi dan keluhan masyarakat saya," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024