Koba(Antara Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mendorong warga menggalakkan menanam komoditas lada karena memiliki prospek ekonomi cukup baik.

"Masyarakat jangan lagi berpikir timah, sekarang lebih baik menggarap lahan untuk ditanam lada yang harganya masih stabil untuk meningkatkan perekonomian keluaraga," ujarnya di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah terus mendorong petani menanam lada dengan menerjunkan penyuluh lapangan yang bisa membantu warga bagaiman pola menanam lada yang baik dan produksinya banyak.

"Petani harus lebih banyak belajar bagaimana menanam lada yang baik sehingga bisa berproduksi lebih banyak. Tinggalkan pola menanam tradisional dan ikut perkembangan teknologi untuk mendapatkan hasil lebih banyak," ujarnya.

Ia mengatakan, tanaman lada memang membutuhkan waktu dan proses yang panjang baru bisa dipanen namun hasilnya lumayan baik untuk menopang ekonomi keluarga.

"Jangan lagi bergantung dengan sektor bijih timah, mulailah kembali turun ke kebun menggarap lahan untuk ditanami tanaman menghasilkan," ujarnya.

Ia juga menyarankan warga jangan menanam tanaman yang harganya tengah anjlok sekarang ini di antaranya karet yang pasarnya kurang menjanjikan.

"Kalau harga karet murah, warga jangan menanam karet tetapi tanam komoditas yang harganya relatif stabil di antaranya lada," ujarnya.

Selain itu, Erzaldi juga menyarankan warga menanam komoditas cepat panen di antaranya hortikultura dengan memanfaatkan lahan yang kosong.

"Cobalah memanfaatkan lahan yang kosong walaupun sedikit untuk ditanam komoditas sayuran karena bisa cepat panen dan cepat menghasilkan uang," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016