Sungailiat (Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustamsyah menyerahkan sebanyak 29 unit kendaraan bermotor roda dua bagi petugas penyuluh lapangan (PPL) di daerahya.

"Saya berharap dengan kendaraan yang diterima oleh PPL itu dapat dipergunakan untuk mendukung operasional bekerja membantu masyarakat di pedesaan maupun masyarakat lainnya yang membutuhkan," katanya di Sungailiat, Senin.

Menurut dia, persoalan transportasi bagi PPL yang selama ini menjadi kendala sudah dapat diselesaikan dengan kendaraan itu.

"Kendaraan yang dipakai oleh PPL itu hanya pinjam pakai sehingga sewaktu-waktu dapat ditarik atau dipakai oleh PPL lainnya jika yang bersangkutan tidak lagi menjadi petugas penyuluh," ujar Wabup.

Menurut dia, kendaraan operasional PPL bersumber dari bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat. Setiap PPL yang memakai kendaraan operasional itu berkewajiban untuk menjaganya.

"Para petani yang tersebar di sejumlah desa membutuhkan sekali pembinaan dari PPL mulai pada saat musim taman sampai musim panen," katanya.

Sektor pertanian kata dia, menjadi sektor yang diunggulkan oleh pemerintah daerah sebagai salah satu sektor yang diharapkan ke depannya dapat memberikan konstribusi bagi kesejahteraan masyarakat.

"Pengelolaan sektor pertanian harus dilakukan dengan keseriusan dan maksimal mulai dari petani sebagai pengelola lahan sampai dengan PPL dan pihak yang berkepentingan lainnya," katanya. 

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016