Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfokuskan belajar keagamaan selama Ramadhan 2024, guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa selama bulan suci ini.

"Kita ingin selama Ramadhan pembelajaran di sekolah difokuskan ke peningkatan keimanan siswa," kata Kepala Disdikbud Kota Pangkalpinang Erwandy di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan belajar mengajar (KBM) selama Ramadhan yang difokuskan peningkatan keimanan siswa ini, berdasarkan Surat Edaran Disdikbud Kota Pangkalpinang Nomor 800/818/Dikbud/III/2024 tentang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tingkat SD, SLTP dan sederajat selama Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2024.

"Ini kebijakan kita, agar pembelajaran siswa selama Ramadhan ini untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan kegiatan-kegiatan bersifat pendalaman serta keterampilan beribadah," katanya.

Ia menyatakan selama Ramadhan ini, kegiatan belajar mengajar yang berhubungan fisik seperti olahraga dikurangi atau bahkan bisa ditiadakan dan digantikan dengan KBM bersifat peningkatan keimanan, ibadah dan pendalaman ilmu keagamaan.

"Kita ingin masing-masing satuan pendidikan untuk menggelar pesantren kilat untuk menggantikan KBM olahraga, karena belajar fisik tentunya akan mengganggu ibadah puasa siswa," ujarnya.

Menurut dia kegiatan belajar mengajar olahraga ini membutuhkan energi yang banyak, sehingga dapat mengganggu ibadah puasa siswa. Jangan sampai siswa membatalkan puasa, karena mengikuti pembelajaran olahraga ini.

"Kami berharap siswa-siswi dapat menjalankan puasanya dengan baik dan semangat serta etos belajar siswa terus meningkat, karena belajar juga ibadah selama bulan puasa Ramadhan ini," katanya. ***3***

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024