Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan kegiatan sambang warga pesisir untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan seiring meningkatnya aktivitas masyarakat selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

"Sambang warga dengan mendatangi para warga pesisir ini penting dilakukan untuk meningkatkan peran aktif mereka ikut menjaga kamtibmas dan mencegah kemungkinan terjadi tindak pidana lain," kata Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis di Mentok, Selasa.

Selama bulan puasa Ramadhan aktivitas masyarakat baik di dalam kota maupun di wilayah pesisir menjadi cukup ramai, baik yang ingin mencari kebutuhan sehari-hari, bepergian maupun warga yang sekadar menunggu saat berbuka puasa.

"Sambang warga ini penting untuk kita meningkatkan hubungan baik dengan masyarakat, sekaligus menyampaikan beberapa imbauan terkait dengan permasalahan kamtibmas," katanya.

Dengan adanya hubungan baik antara personel dengan warga diharapkan akan memudahkan dalam mencegah gangguan kamtibmas dan berbagai informasi perkembangan di tengah masyarakat juga mudah dipantau.

Kehadiran polisi di tengah masyarakat ini juga diharapkan akan memberikan rasa aman kepada warga sehingga mereka bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan tenang, nyaman dan semakin produktif.

"Kita laksanakan sambang warga tidak hanya untuk personel Polres Bangka Barat, namun juga para personel Polsek jajaran di wilayah kerja masing-masing," katanya.

Selain itu, kata dia, untuk mencegah tindak pidana, Polres bangka Barat juga menugaskan para personel untuk melakukan patroli di jam-jam rawan.

"Dalam upaya memelihara kamtibmas ini sebenarnya bukan hanya tugas Kepolisian, namun merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu kami mengajak seluruh warga untuk ikut berperan aktif menjaga lingkungan masing-masing, jika ada hal-hal mencurigakan segera melapor ke personel atau kantor polisi terdekat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024