Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar seleksi calon Direktur Utama Perusahaan Perseroan Daerah PT. Belitong Mandiri periode 2024-2028.

"Kami membuka seleksi bagi calon Direktur Utama Perusda PT. Belitong Mandiri," kata Ketua Panitia Seleksi Pemilihan Calon Direktur Utama Perusahaan Perseroan Daerah Belitong Mandiri, MZ Hendra Caya di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, tahapan seleksi tersebut meliputi seleksi administrasi, Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK), presentasi makalah serta rencana bisnis, dan tahapan wawancara akhir.

"Saat ini sedang berlangsung tahapan seleksi wawancara akhir dengan Pj Bupati Belitung," ujarnya.

Menurut dia, tim pelaksana UKK seleksi calon Direktur Utama Perusahaan Perseroan Daerah PT. Belitong Mandiri periode 2024-2028 berasal dari Universitas Bangka Belitung (UBB) yakni  Dr. Rullyanti Susi Wardhani, Suhdi, dan Waldimer Pasaribu.

Sedangkan peserta seleksi calon Direktur Utama Perusahaan Perseroan Daerah PT. Belitong Mandiri periode 2024-2028 diikuti oleh sebanyak empat peserta yakni Alfin Guntara Harahap, M. Fauzi, Lauren Harianja, dan M. Hartian Ramadhan.

"Hasil dari seleksi UKK sudah keluar ada lima pendaftar namun satu orang yang tidak hadir dan sudah dibuatkan berita acara. Selanjutnya dilakukan perangkingan mulai dari peringkat satu sampai peringkat empat," katanya.

Selanjutnya, lanjut Hendra Caya, para peserta  akan mengikuti seleksi penentuan tingkat akhir berupa wawancara langsung dengan Pj Bupati Belitung.

"Untuk penentuan tingkat akhir mereka akan wawancara dengan Pj Bupati Belitung maka setelah tahapan pantukhir akan kami umumkan siapa yang ditunjuk sebagai direktur terpilih," ujarnya.

Ia berharap, direktur utama PT. Belitong Mandiri yang terpilih dapat melanjutkan program serta membawa kemajuan BUMD PT. Belitong Mandiri.

"Kondisi BUMD PT. Belitong Mandiri sebenarnya tidak terlalu parah, hanya saja sudah tidak ada kegiatan sejak pandemi COVID-19," katanya.

Selain itu, calon Direktur Utama PT. Belitong Mandiri diharapkan dapat menjalankan rencana bisnis dalam makalah yang sebelumnya telah mereka sampaikan dan paparkan di hadapan panitia seleksi.

"Rencana bisnis itulah nantinya yang akan dipakai untuk menghidupkan kembali BUMD PT. Belitong Mandiri karena kalau berbicara potensi BUMD apabila dijalankan dengan benar maka akan sangat luar biasa," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024