Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kansar) Pangkalpinang melaksanakan apel gelar pasukan Siaga SAR Khusus Lebaran tahun 2024 yang serentak dilaksanakan oleh seluruh Kantor SAR se-Indonesia.

Dalam rilis yang diterima ANTARA di Pangkalpinang Rabu (3/4), siaga SAR tersebut dimulai hari ini (3/4/2024) hingga Jumat (19/4/2024).

Instansi Basarnas mengerahkan 2.657 personel dari Kantor Pusat Basarnas, 43 Kantor SAR, 77 Pos SAR, dan 83 Unit Siaga yang tersebar di seluruh tanah air.

Basarnas juga menyiagakan 5 unit helikopter dan 120 unit drone thermal, 81 kapal kelas I-IV dan 164 Rubber Boat Inflatable (RIB) kelas I dan II, serta 622 rubber boat dan 56 Riggid Buoyancy Boat (RBB).

Sementara peralatan utama darat meliputi rescue truck, rescue car, rescue compartement, ATV, palsar, peralatan komunikasi dan sejenisnya.Tidak hanya itu, Basarnas juga didukung Potensi SAR dari berbagai stakeholder yang sudah terlatih sebanyak 21.523 personel. Seluruh personel dan peralatan SAR tersebut siaga di 317 posko gabungan dan 168 posko mandiri.

Kepala Basarnas Marsdya TNI Kusworo menegaskan, Siaga SAR Khusus Lebaran yang rutin dilaksanakan setiap menjelang dan pasca lebaran itu sebagai wujud kesiapsiagaan tim SAR dalam menghadapi kedaruratan selama lebaran.

"Sesuai tugas dan fungsinya, Basarnas melaksanakan operasi SAR, yaitu mencari, menolong, menyelamatkan, dan mengevakuasi korban pada kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal, kecelakaan dengan penanganan khusus, bencana pada fase tanggap darurat, dan kondisi membahayakan manusia, "ujarnya.

Sementara itu, dalam menghadapi arus mudik lebaran tahun 2024. Kansar Pangkalpinang juga turut mengerahkan personil yang turut memberikan pelayanan keselamatan dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran 2024 dan membuka Posko di tiap-tiap wilayah Kab/Kota se- Kepulauan Bangka Belitung. Posko tersebut tentunya bergabung dengan Instansi Vertikal yang turut melaksanakan Pengamanan Arus Mudik Lebaran tahun 2024 seperti TNI, POLRI, KSOP, dan KPLP.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, I Made Oka Astawa, S.H., M.Si dalam sambutannya di Apel Pembukaan Siaga SAR Khusus Lebaran 2024 yang dilaksanakan di Lapangan utama Kansar Pangkalpinang.

“Pelaksanaan Pengamanan bersama pada arus mudik lebaran tahun 2024 ini tentunya dapat meningkatkan sinergisitas antar tiap-tiap instansi. Saya selalu berpesan untuk personil yang turut menjaga pos pengamanan setiap harinya agar selalu menjaga fisik yang prima agar pelayanan terhadap keselamatan masyarakat di wilayah Kepulauan Bangka Belitung dapat menjadi maksimal serta agar selalu Quick Action dalam memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat yang akan melaksanakan libur lebaran tahun 2024 ini, "Tutur oka

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024