Jumlah sementara peserta Sungailiat Triathlon 2024 di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diselenggarakan 4 Mei 2024 mendatang tercatat sebanyak 183 orang untuk tiga kategori yang diperlombakan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Bangka, Rismy Wira Maddona dalam keterangan, Jumat mengatakan jumlah peserta yang terdaftar dalam Sungailiat Triathlon 2024 tersebut diprediksi masih akan bertambah sampai batas akhir pendaftaran, 21 April 2024.

Ratusan peserta yang terdaftar tersebut masing - masing sebanyak 68 orang untuk kategori Standar Distance akan mengikuti lomba renang sejauh 1,5 kilometer, bersepeda 40 kilometer dan lari 10 kilometer.

Kemudian 80 orang di kelas Sprint Distance dan Sprint Local Distance sebanyak 35 orang yang akan menjalani lomba renang sejauh 750 meter, sepeda 20 kilometer dan lari berjarak 5 kilometer.

"Dari jumlah peserta yang terdaftar belum termasuk atlet nasional namun terdapat delapan orang peserta dari luar negeri," kata Rismy.

Seperti tahun sebelumnya, Sungailiat Triatlhon 2024 dipusatkan di kawasan pantai Tanjung Pesona. Sungailiat Triathlon 2024 yakni Event Sport Tourism terbaik yang masuk dalam kalender event Pariwisata Kabupaten Bangka.

Peserta akan melewati lintasan menatang dengan keindahan panorama wisata yang layak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Sungailiat Triathlon 2024 dikemas dalam rangkaian HUT Kota Sungailiat ke - 258.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Bangka untuk mendukung pelaksanaan Sungailiat Triathlon 2024 termasuk pula mengajak seluruh masyarakat Indonesia penggiat olahraga Triathlon untuk berpartisipasi dan merasakan semarak kebersamaan.

Atraksi budaya lokal akan disuguhkan panitia untuk memeriahkan acara seperti Nganggung , barongsai, bazar UMKM, atraksi seni budaya tradisional Bangka dan sajian kuliner khas Bangka Belitung.

Sungailiat Triathlon 2024 tidak hanya sebagai sarana promosi, namun juga sebagai wahana motivasi masyarakat untuk berkreasi di sektor kepariwisataan yang berkelanjutan.

"Saya mengajak masyarakat Kota Sungailiat dan sekitarnya ikut memeriahkan Sungailiat Triathlon 2024 dengan menyaksikan pesserta lomba di jalan yang dilintasi peserta atau langsung ke Tanjung Pesona karena kegiatan ditetapkan pada hari Sabtu dimana hari itu merupakan hari libur kerja," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024