Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuka pendaftaran bagi para calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang akan bertugas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Kami membuka seleksi terbuka badan ad hoc, untuk saat ini kita akan rekrut sebanyak 30 orang PPK yang akan bertugas di seluruh enam kecamatan, masing-masing kecamatan lima orang," kata Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Darjiyono di Mentok, Rabu.

Ia mengatakan pendaftaran dibuka mulai 23 hingga 27 April 2024, proses seleksi dilakukan terbuka, baik yang pada pelaksanaan Pemilu 2024 menjadi PPK maupun warga umum yang memenuhi syarat.

Dalam rekrutmen ini, kata dia, KPU Bangka Barat akan menjalankan tugas sesuai prosedur yang berlaku dan pihaknya memastikan akan dilakukan secara transparan.

"Kami pastikan tidak ada titipan," ujarnya.

Menurut dia, rekrutmen kali ini seluruh yang pendaftar dinyatakan lolos seleksi administrasi akan menjalani seleksi dengan metode tes berbasis komputer yang akan dilakukan langsung dari KPU Republik Indonesia.

"Jadi khusus untuk PPK tahun ini menggunakan seleksi CAT, kita membuka secara umum. Kami berharap para peserta dapat mengoptimalkan kemampuan agar dapat lulus serta berperan aktif saat menjadi PPK," katanya.

Ia mengimbau kepada para calon pendaftar agar terus belajar untuk meningkatkan pemahaman kepemiluan secara sungguh-sungguh karena seluruh soal pada proses seleksi akan langsung dari KPU RI.

Dengan proses seleksi ketat yang dilakukan, diharapkan bisa mendapatkan para petugas PPK yang berkualitas dan mampu menjalankan berbagai tugas dan tanggung jawab yang akan dijalankan pada pelaksanaan tahapan Pilkada 2024.

"Proses seleksi dengan sistem CAT ini juga akan meningkatkan kepercayaan publik karena lebih transparansi dan nilai yang diperoleh murni sesuai yang dikerjakan saat ujian," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024