Muntok (Antara Babel) - Sekitar dua ribu pelajar dan warga Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti jalan sehat yang digelar dalam rangka peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), Minggu.

Jalan sehat dan rangkaian kegiatan peringatan HANI dipusatkan di Lapangan Gelora Muntok dimulai sejak pagi berlangsung cukup meriah.

Ribuan pelajar, warga dan para pejabat pemerintah daerah setempat berbaur dalam kebersamaan menyusuri rute yang telah ditentukan menyusuri sejumlah jalan di pusat kota tua Muntok dengan jarak sekitar 10 kilometer.

Pada kesempatan itu ¿Bupati Bangka Barat, Parhan Ali mengajak masyarakat berperan aktif memerangi narkotika, psikotropika dan zat adiktif (Narkoba) karena merusak masa depan generasi bangsa.¿
    
"Sekitar 50 orang di Indonesia setiap hari meninggal akibat narkoba, begitu banyak orang yang sakit dan tak berdaya karena barang haram tersebut," kata dia.

Ia menambahkan, upaya perang terhadap narkoba tidak berhasil dengan maksimal bila hanya mengandalkan upaya dari pemerintah, namun perlu dukungan semua komponen masyarakat.¿
    
"Harus bersama-sama memerangi narkoba. Di lingkungan keluarga orang tua harus berperan aktif mengawasi anak-anaknya, di sekolah guru, peran guru juga sangat penting untuk mendidik siswa-siswi agar tidak terjerumus dalam penggunaan narkoba, demikian juga masyarakat harus berperan aktif melaporkan ke pihak kepolisian bila mengetahui penyalahgunaan narkoba," kata dia.

Ketua BNK Kabupaten Bangka Barat, Markus mengatakan dipilihnya jalan sehat sebagai puncak perayaan HANI karena kegiatan itu sangat baik bagi kesehatan.

"Melalui kegiatan ini kami mengajak masyarakat khususnya generasi muda Bangka Barat  untuk hidup sehat tanpa narkoba menuju Bangka Barat Hebat 2021," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016