Pangkalpinang (Antara Babel) - Wakil Gubernur Bangka Belitung, Hidayat Arsani akan menyalurkan pupuk organik dari Korea Selatan, guna meningkatkan hasil perkebunan lada putih petani di daerah itu.

"Saya akan datangkan dua kontainer pupuk organik dari Korea Selatan, untuk dibagikan kepada petani lada putih secara gratis," kata Hidayat Arsani di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menyakini pupuk organik ini dapat meningkatkan hasil dan hama penyakit kuning tanaman lada putih petani.

"Mudah-mudahan dengan bantuan pupuk ini dapat membantu petani mengatasi hama penyakit dan meningkatkan produksi serta kualitas lada, pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani," ujarnya.

Menurut dia pupuk ini untuk mengatasi penyakit kuning pada lada petani, sehingga petani tidak lagi kesulitan membasmi hama tanaman ini yang selama ini merugikan petani.

"Kita akan tuntaskan penyakit kuning. Selama ini belum ada pupuk atau racun hama membasmi penyakit tanaman lada ini," ujarnya.

Ia mengatakan pupuk ini diharapkan dapat menjadi solusi dan alternatif baru penanganan hama penyakit lada.

"Jika pupuk  ini tidak berhasil, maka kita akan cari alternatif baru untuk mengatasi penyakit kuning ini, sehingga dapat mengembalikan kejayaan komoditas ekspor unggulan daerah ini," ujarnya.

Ia berharap bantuan pupuk secara gratis ini dapat mengembalikan semangat petani untuk meningkatkan hasil perkebunan dan pertaniannya.

"Ini salah satu cara kita membangun negeri, kita harus membahagiakan petani. Jika petani kita sejahtera, maka negeri kita  pasti kaya," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016