Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terpilih menjadi tuan rumah Jambore Sepeda Lipat Nasional pada September 2016 sehingga diharapkan dapat menjadi ajang promosi sektor pariwisata daerah itu.

"Momentum seperti ini harus digalakan untuk menaikan nilai jual daerah terutama sektor pariwisata daerah ini ke tingkat nasional," kata Gubernur Kepulauan Babel Rustam Effendi di Pangkakpinang, Senin.

Menurut dia, kegiatan ini akan memudahkan pemerintah daerah mempromosikan sektor unggulan daerah, khususnya sektor pariwisata.

"Semakin banyak event nasional yang digelar, maka daerah ini akan semakin terkenal masyarakat nasional dan internasional," ujarnya.

Ia menjelaskan, jumlah wisatawan yang datang ke Babel cenderung meningkat. Jumlah tamu yang berkunjung ke Belitung dalam setahun terakhir ini mencapai 4,5 juta jiwa dan perputaran uang yang masuk di daerah itu mencapai Rp1,8 miliar per lima hari.

"Saya yakin peserta Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) akan menceritakan ke temannya tentang keindahan Pulau Bangka dan Pulau Belitung, maka secara tidak langsung mereka telah menjadi duta dalam mempromosikan pariwisata di daerah ini," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, KA Tajuddin mengatakan, hingga saat ini jumlah peserta Jamselinas yang sudah
mendaftar sebanyak 150 orang.

"Kami kerja sama dengan komunitas sepeda lipat nasional untuk event ini dan direncanakan kegiatan ini akan digelar di Muntok Kabupaten Bangka Barat," ujarnya. 

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016