Seorang calon haji asal Kimak Merawang Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, atas nama Abdul Hamid Usman (80) meninggal dunia di Rumah Sakit Saudi Jerman Makkah.

"Abdul Hamid Usman yang tergabung dalam kelompok terbang 04 PLM, meninggal dunia Sabtu, 8 Juni 2024/2 Zulhijjah 1445 H pukul 23.00 WAS di RS Saudi Jerman Makkah," kata panitia pemberangkatan jamaah Kantor Kementerian Kabupaten Bangka Gazali di Sungailiat, Minggu.

Di rumah sakit itu kata dia, sebelumnya yang bersangkutan sempat menjalani operasi jantung dan dinyatakan berhasil bahkan sudah dapat kembali ke hotel.

"Bahkan Abdul Hamid Usman sebelum operasi jantung di rumah sakit, kondisi fisik dalam kondisi sehat karena sempat melaksanakan ibadah Tawaf Umrah," jelas dia.

Gazali mengatakan, Abdul Hamid Usman yang berangkat ke Tanah Suci Makkah bersama jamaah yang lain melalui Embarkasi Palembang, Sumatera Selatan tanpa didampingi keluarga.



"Jenazah di sholatkan di Masjidil Haram dan dimakamkan di pemakaman Syuhada Al Harom Wilayah Assyaraya Makkah, katanya.

Tercatat dari 314 calon haji asal Kabupaten Bangka yang diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah, telah dua orang meninggal dunia, yakni Abdul Hamid Usman dan satu orang perempuan calon haji asal Pemali Bangka atas nama Umiyana (40) meninggal dunia di Rumah Sakit Siti Fatimah Palembang.

Umiyana tergabung dalam kelompok terbang 05 PLM meninggal dunia masih di Tanah Air atau di Embarkasi Palembang saat hendak pemberangkatan ke Madinah.

Saat sampai di Embarkasi Sultan Mahmud Baddarudin II Palembang atau saat menunggu jadwal keberangkatan ke Madinah, kata Gazali, yang bersangkutan langsung drop dan kemudian di bawa ke rumah sakit Siti Fatimah Palembang.

"Saya berharap semua jamaah calon haji yang saat ini tengah mempersiapkan menjalankan serangkaian rukun haji dalam kondisi sehat. Menjaga kesehatan dengan memperbanyak istirahat harus dilakukan oleh semua jamaah," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024