Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto didampingi Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Dwi Harnanto menerima 9 orang Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di UPT Pemasyarakatan Babel, Senin (10/06/2024).

Ke 9 Taruna POLTEKIP tersebut yaitu, Rafi Hafidz dan Elin Cantika Sari Saragih (Prodi Bimbingan Kemasyarakatan) akan KKN di Balai Pemasyarakatan Pangkalpinang. Lalu Helena Gracelda Situmeang, Dien Noor Palupi (Prodi Manajemen Pemasyarakatan) dan Desi Safitri (Prodi Teknik Pemasyarakatan) akan KKN di Lapas Kelas IIA Pangkalpinang.

Kemudian Awang Timur Sumirat (Prodi Bimbingan Kemasyarakatan), Djuwita Deffrilia, Ewika Ayu Realisty dan Fahreza Alif Ramadhan (Prodi Teknik Pemasyarakatan) akan KKN di Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang. Pelaksanaan KKN tersebut dijadwalkan akan berlangsung sejak 7 Juni hingga 27 Juli 2024

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto berharap agar Taruna tersebut dapat turut berpartsipasi memecahkan permasalahan-permasalahan yang ditemukan pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di tempat praktik. Juga dapat menghasilkan inovasi baru, dan berbagi ilmu yang telah dipelajari selama ini.

POLTEKIP merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah  Kementerian Hukum dan HAM sebagai Kawah Candradimuka untuk mendidik kader-kader Pemasyarakatan di Indonesia, melalui pendidikan profesional program Diploma IV.
POLTEKIP memiliki 3 program studi, yaitu D-IV Teknik Pemasyarakatan, D-IV Manajemen Pemasyarakatan, serta D-IV Bimbingan Kemasyarakatan.

Lulusan POLTEKIP yang telah menyelesaikan pendidikan akan diberikan gelar S.Tr.Pas berpangkat golongan III/a dan akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan (Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara, Lembaga Pembinaan Khusus Anak, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara, Balai Pemasyarakatan) di seluruh Indonesia.

Beberapa alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan (saat ini POLTEKIP) yang bertugas di Kemenkumham Babel antara lain, Harun Sulianto (Kepala Kantor Wilayah), Kunrat Kasmiri (Kepala Divisi Pemasyarakatan), Andi Yudho (Kepala Bidang Pembinaan), Ridha Ansari (Kepala Bidang Keamanan), Eko Saputro (Kepala Bidang Hukum), Nur Bambang (Kepala Lapas Kelas IIA Narkotika), Badaruddin (Kepala Lapas Kelas IIA Pangkalpinang), Zullaeni (Kepala Lapas Kelas IIB Sungailiat), Gowim Mahali (Kepala Lapas Kelas IIB Tanjungpandan), Nana Herdiana (Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang), Andriyas Dwi Pujoyanto (Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Pangkalpinang), serta Hani Anggraeni (Kepala Lapas Perempuan Kelas III Pangkalpinang).

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024