Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai melakukan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Tahapan coklit data pemilih sudah mulai dilakukan pada 24 Juni sampai dengan 24 Juli 2024," kata Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Bangka Selatan Rahmad Nadi di Toboali, Kamis.

Ia mengatakan, sebanyak 150.730 daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) akan dilakukan pencocokan dan penelitian oleh petugas pemuktahiran data pemilih (Pantarlih).

"Sebanyak 545 pantarlih akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih Pilkada di delapan kecamatan," ujarnya.

Rahmad Nadi mengatakan, untuk di kecamatan Toboali data pemilih yang akan dilakukan coklit sebanyak 58.981, kecamatan Lepar Pongok sebanyak 5.830, Kecamatan Airgegas 31.730, Kecamatan Simpang Rimba 18.070.

Selanjutnya untuk Kecamatan Payung data pemilih yang akan dicoklit sebanyak 16.094, Kecamatan Tukak Sadai 9.614, Kecamatan Pulau Besar 7.331, dan Kecamatan Kepulauan Pongok 3.080.

"Data pemilih yang akan dilakukan coklit oleh pantarlih ini berdasarkan pemetaan D4 hasil sinkronisasi yang diserahkan kepada KPU," ujarnya.

Dalam proses pencocokan dan penelitian data pemilih, KPU Bangka Selatan meminta kepada pantarlih untuk memastikan semua masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih terdaftar dalam daftar pemilih.

"Petugas pantarlih nanti akan datang langsung ke rumah-rumah untuk melakukan coklit. Kami berharap sesuai dengan D4 tidak ada  masyarakat yang terlewatkan sehingga didapatkan hasil data pemilih yang berkualitas pada Pilkada ini," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024