Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Bangka Selatan, Elfan Rulyadi meminta putra putri kebudayaan yang terpilih untuk ikut mempromosikan kebudayaan yang ada di daerah itu.

"Kami berharap putra putri kebudayaan yang sudah terpilih menjadi duta kebudayaan Bangka Selatan mampu mempromosikan kebudayaan daerah ke tingkat provinsi dan nasional," kata Elfan Rulyadi di Toboali, Sabtu.

Ia mengatakan, pemilihan putra putri kebudayaan ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi kepada generasi muda untuk ikut melestarikan kebudayaan yang ada di Bangka Selatan.

"Kebudayaan ini sangat penting untuk kita lestarikan terutama kepada generasi muda yang akan datang. Kita jadikan Bangka Selatan ini sebagai titik kebudayaan daerah," ujarnya.

Ia mengatakan, pemilihan putra putri kebudayaan Bangka Selatan sudah dilakukan sejak 2 Juli lalu mulai dari tahapan audisi sampai dengan final yang dilaksanakan pada kegiatan Kemilau Pesona Bangka Selatan.

"Kita sudah mendapatkan putri putri kebudayaan terpilih untuk menjadi duta kebudayaan yang akan mewakili Bangka Selatan ke tingkat Provinsi" ujarnya.

Pemilihan putra putri kebudayaan tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung direncanakan akan dilaksanakan pada Oktober 2024 mendatang.

"Putra putri yang terpilih ini akan dilakukan pembinaan untuk persiapan ke provinsi dan mungkin Insya Allah ke tingkat nasional," ujarnya.

Juri pemilihan putra putri kebudayaan Bangka Selatan, Syahyadi mengatakan, ada beberapa poin yang menjadi penilaian pada pemilihan putra putri kebudayaan Bangka Selatan.

Penilaian tidak hanya dilihat dari pengetahuan tentang kebudayaan saja, tapi juga dinilai dari tinggi badan, kesehatan, dan yang paling penting adalah sikap dan perilaku mereka.

"Sikap dan perilaku ini sangat penting disamping pengetahuan tentang kebudayaan. Karena mereka harus betul-betul memiliki sikap dan perilaku yang baik, karena akan mewakili Bangka Selatan ke tingkat daerah dan Nasional," ujarnya.

Ia meminta kepada putri putri kebudayaan terpilih sebagai duta kebudayaan untuk dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mewakili Bangka Selatan ke tingkat provinsi.

"Persiapan diri dengan sebaik mungkin, agar mampu mempromosikan kebudayaan daerah kita ke masyarakat di luar daerah," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024