Bawaslu Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melatih anggota panwascam di daerah itu dalam mengelola naskah dinas dan kearsipan dengan profesional.

"Bawaslu Belitung hari ini melaksanakan kegiatan pelatihan tata naskah dinas dan kearsipan serta kehumasan pada Pilkada 2024," kata Ketua Bawaslu Belitung, Rezeki Aris Munazar di Sijuk, Sabtu.

Menurut dia, selain itu, anggota panwascam juga dilatih mengenai kehumasan sehingga pelaksanaan pengawasan Pilkada 2024 dapat terpublikasi dengan baik kepada masyarakat.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk memastikan kesiapan pada bidang administrasi dalam melakukan pengawasan tahapan Pilkada 2024," ujarnya.

Aris menambahkan, dalam kegiatan tersebut pihaknya menghadirkan pemateri dari
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Belitung, Dinas Komunikasi dan Informatika Belitung, dan pemateri dari media cetak setempat.

"Kegiatan hari ini akan dibagi menjadi dua sesi, pagi hari sampai siang hari akan membahas terkait tata naskah dinas dan kearsipan dan nanti malam akan membahas mengenai kehumasan," katanya.

Ia menambahkan, dalam pelatihan ini juga didukung dengan adanya praktik simulasi dalam membuat video edukasi terkait pengawasan Pilkada 2024.

"Perlu juga disampaikan bahwa dokumen-dokumen kerja yang dimiliki oleh Panwascam se-Belitung perlu dilakukan inventarisasi dan dirapikan agar ketika dokumen dibutuhkan maka data sudah siap (ready)," ujarnya.

Disampaikannya, pengelolaan arsip mempunyai standar sebagaimana yang telah diatur pada Perbawaslu Nomor 13 Tahun 2020 ada yang disebut arsip dinamis, arsip vital, arsip statis, arsip terjaga, hingga arsip umum. 

"Mekanisme tata naskah dinas yang baik dan disusun secara rapi akan mewujudukan terciptanya pendataan yang baik," katanya.

Menurutnya, pelatihan ini sangat penting untuk diikuti oleh anggota panwascam dalam mengawasi jalannya tahapan pelaksanaan Pilkada 2024.

Ia berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan profesionalitas dan kualitas jajaran Bawaslu Belitung dalam mengawal Pilkada 2024.

"Karena dengan proses pengarsipan yang baik maka pengawasan dan pelaporan bisa berjalan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024