Pangkalpinang (Antara Babel) - Calon penumpang di sejumlah terminal bus antarkota di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) mulai mengalami peningkatan selama bulan puasa Ramadhan 1434 Hijriyah.


"Saat ini calon penumpang bus di terminal mengalami peningkatan sekitar 10 persen dibanding hari sebelumnya," kata Kabid Perhubungan Darat Dishub Kota Pangkalpinang Syakhron Harahap, Senin.


Ia menyatakan, memasuki minggu kedua puasa Ramadhan calon penumpang di terminal bus Selindung, Kampung Keramat dan Giri Maya hanya sekitar 250 hingga 300 orang per hari dibanding sebelum 200 orang.


"Peningkatan calon penumpang masih normal, namun diperkirakan akan meningkat signifikan pada H-7 Idul Fitri," ujarnya.


Menurut dia, untuk mengantisipasi penumpukan calon penumpang di terminal Pemerintah Provinsi Bangka Belitung akan menyediakan angkutan khusus Lebaran.


"Saat ini kami belum mendapat informasi dari Dinas Perhubungan Babel berapa angkutan Lebaran yang disiagakan, apakah angkutan Lebaran tahun ini sama dengan tahun sebelumnya juga belum diketahui," ujarnya.


Untuk angkutan Lebaran tahun lalu Dishub Babel menyediakan sebanyak 90 unit bus, masing-masing di Terminal Kampung Keramat sebanyak 30 unit dengan rute Kota Pangkalpinang - Jebus dan Sungai.


Di Terminal Giri Maya juga sebanyak 30 unit dengan rute Pangkalpinang - Koba, Toboali dan Sadai, demikian juga di Terminal Selindung sebanyak 30 unit dengan rute Pangkalpinang - Sungailiat dan Mentok.


"Pada tahun lalu bus melayani arus mudik Lebaran antarkota dan kabupaten di Pulau Bangka masih mencukupi sehingga tidak akan ada penumpang yang terlantar akibat kekurangan bus," ujarnya.


Namun demikian, pihaknya tetap mengantisipasi lonjakan penumpang dan penumpukan penumpang pada Lebaran dengan menambah armada melalui kerja sama dengan pihak Damri, Perusahaan Bus Putra Bangka dan Sumber Bangka.

Pewarta: pewarta: aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013