Muntok (Antara Babel) - Ketua Komunitas Sepeda Lipat Indonesia, Mada Mubina menilai kegiatan Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) VI yang digelar di Muntok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sukses dalam mempromosikan potensi dan objek wisata yang ada di daerah itu.

"Kami cukup bangga dengan pelaksanaan Jamselinas kali ini, kami berharap ke depan pariwisata di Kabupaten Bangka Barat semakin maju dan mampu bersaing dengan daerah lain," kata Mada di Muntok, Minggu.

Ia mengatakan, Kota Muntok menyimpan banyak potensi wisata alam dan bangunan bersejarah yang patut dikunjungi.

"Selain potensi itu, Muntok menyimpan kekayaan budaya, kuliner dan keramahan warganya yang cukup mengesankan bagi siapa saja yang datang ke daerah itu," katanya.

Ia mengaku pelaksanaan Jamselinas yang baru pertama kali digelar di luar Pulau Jawa tersebut cukup memuaskan dan tingginya partisipasi anggota komunitas sepeda lipat juga patut mendapatkan apresiasi.

"Kami berharap kegiatan yang digelar selama tiga hari ini mampu ikut berperan dalam promosi wisata Bangka Barat, khususnya Muntok yang memiliki wisata sejarah, budaya, kuliner dan objek wisata alam yang cukup menarik," katanya.

Ketua Komunitas Sepeda Lipat Muntok, Budi Susatyo berharap kegiatan tersebut memberikan dampak positif pada pembangunan kepariwisataan daerah.

"Kami berharap ke depan akan semakin banyak kegiatan sejenis yang digagas komunitas dan kelompok masyarakat agar pariwisata daerah semakin dikenal di tingkat regional, nasional dan internasional," kata dia.

Dengan semakin dikenalnya daerah itu, ia berharap sektor pariwisata semakin menggeliat dan mampu menumbuhkan ekonomi dan bisa dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Ia mengatakan, peserta Jamselinas VI yang digelar di Muntok berasal dari berbagai kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Tasikmalaya, Bandung, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Makassar, Palembang dan Balikpapan.

"Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada seluruh warga Muntok yang dengan senang hati dan keramahannya menerima seluruh peserta Jamselinas, kami berharap kerja sama ini bisa berlanjut ke kegiatan selanjutnya sehingga pariwisata Bangka Barat semakin diminati," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016