Jakarta (Antara Babel) - Pertandingan babak 16 besar kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) B akan digulirkan 30 September dan untuk teknis pelaksanaannya akan dibahas pada forum antar klub yang dijadwalkan di Jakarta, 16-17 September.

Direktur Kompetisi PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku promotor ISC B, Ratu Tisha di Jakarta, Minggu mengatakan, dengan pertandingan memasuki babak 16 besar pihaknya akan melakukan pengawasan yang ketat terkait teknis pertandingan.

Selain itu, kata dia, PT GTS selaku operator kompetisi juga akan mengoptimalkan aspek komersial yang salah satunya adalah terkait dengan siaran langsung babak 16 besar kompetisi kasta kelas dua di Indonesia itu.

"Untuk workshop panpel akan dilakukan 16-17 September. Saat itu juga akan dilakukan drawing dan membicarakan teknis pelaksanaan. Yang jelas, untuk babak 16 besar kontrol akan lebih ketat mengingat kemungkinan besar akan disiarkan secara langsung," kata Ratu Tisha.

Terkait format pertandingan di babak 16 besar, Ratu Tisha belum mau menjelaskan dengan detail karena semuanya akan dibahas pada workshop. Namun, ada kemungkinan babak 16 besar ini akan terbagi dalam empat grup dan masing-masing diisi empat klub.

Namun, ada satu hal dipastikan akan digunakan pada babak 16 besar yaitu sistem home away. Skema ini sama dengan pertandingan kompetisi sebelumnya.

"Menggunakan double round robin. Bisa jadi akan terbagi empat grup. Yang jelas untuk memutuskan ini harus dibicarakan dengan klub. Yang jelas, babak 16 besar ini akan memakan waktu 45 hari hingga 14 November mendatang," kata Ratu Tisha menambahkan.

ISC B yang merupakan kasta kedua sepak bola di Indonesia diikuti 50 klub yang terbagi dalam delapan grup. Adapun pertandingan sesi awal ini berakhir Minggu. Masing-masing grup sudah mengirimkan dua wakil terbaiknya di babak 16 besar. Namun, ada satu tim yang terancam batal turun di babak 16 besar yaitu Perserang karena belum menyelesaikan gaji pemain dan official.

Pewarta: Bayu Kuncahyo

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016