Pemerintahan Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar pawai baris berbaris untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia tahun 2024.

"Kegiatan pawai baris berbaris dan karnaval akan dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai pada besok Selasa-Kamis (20-22 Agustus)," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan Elfan Rulyadi di Toboali, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan pawai baris berbaris pada hari pertama akan diikuti oleh peserta dari tingkat PAUD, sampai dengan SD/MI yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

Kemudian pada hari kedua, kegiatan pawai baris berbaris akan diikuti oleh peserta tingkat SMP/MTS, SMA/SMK/MA, perangkat daerah atau instansi, organisasi kemasyarakatan dan partai politik.

"Untuk karnaval akan dilaksanakan di hari kegiatan yang diikuti oleh peserta umum seperti sepeda hias, motor hias, mobil hias, mobil kesenian daerah, konvoi roda dua dan empat," ujarnya.

Elfan mengingatkan kepada peserta pawai baris berbaris dan karnaval untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh panitia seperti menjaga ketertiban, berlaku sopan, pantas dan tidak saling mencela.

Selain itu, peserta tidak boleh membawa benda tajam atau senjata tajam walaupun itu berhubungan dengan properti pawai, serta dilarang menampilkan lambang-lambang, poster, baliho yang bertentangan dengan Pancasila.

"Peserta yang menggunakan sepeda motor agar wajib menggunakan helm standar SNI serta menjaga agar tidak menimbulkan bunyi knalpot yang tidak pantas atau knalpot Brong," ujarnya.

Adapun untuk rute pawai baris berbaris tingkat PAUD sederajat yakni star dari lapangan merdeka-Jalan Teuku Umar-Jalan A Yani-Jalan Jend Sudirman-Jalan Merdeka dan finasi di Pantai Nek Aji.

Selanjutnya untuk tingkat SD/Sederajat rute yang dilalui star dari lapangan merdeka-Jalan Teuku Umar-Jalan A Yani-Jalan Jend Sudirman-Jalan Merdeka dan kembali finish di lapangan merdeka.

Untuk tingkat SMP/SMA/Sederajat/Umum start dari lapangan merdeka-Jalan Teuku Umar-Jalan A Yani-Jalan Jend Sudirman-jalan RA Kartini-jalan Mayor Syafrie Rahman-Jalan KH Agus Salim-Jalan Teladan 1-Jalan Teladan Baru-Jalan Jend Sudirman-Jalan Dr Wahidin- Jalan Sutan Syahrir dan Finish di Lapangan Merdeka.

Kemudian untuk karnaval start dimulai dari Lapangan Merdeka-Jalan Teuku Umar-Jalan A Yani-Jalan Jend Sudirman-Jalan Pelabuhan Lama-Jalan Yos Sudarso-Jalan Sriwijaya-Jalan Mayor Syafrie Rahman-Jalan KH Agus Salim-Jalan Teladan I-Jalan Teladan Baru-Jalan Jend Sudirman-Jalan Dr Wahidin-Jalan Sutan Syahrir dan finish di Lapangan Merdeka.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024