Sebanyak  230 peserta dari tingkat PAUD dan Sekolah Dasar (SD) ikut memeriahkan Pawai Baris Berbaris (PBB) yang digelar Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Pawai baris berbaris dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia ini diikuti sebanyak 230 peserta yang terdiri dari 65 peserta tingkat PAUD dan 165 tingkat SD," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan Elfan Rulyadi di Toboali, Selasa.

Ia mengatakan, pawai baris berbaris indah tingkat SD dibagi beberapa kategori yakni kategori baris indah putra dan putri, kategori Pramuka putra dan putri setra kategori drumband.

"Kegiatan ini bukan hanya untuk memeriahkan HUT RI saja, tapi juga menjadi wadah kreatifitas bagi anak-anak sekolah baik tingkat PAUD, SD, SMP maupun SMA," ujarnya.

Elfan mengatakan, animo peserta untuk mengikuti kegiatan pawai baris berbaris sangat luar biasa dikarenakan sesuai dengan surat edaran Bupati Bangka Selatan bahwa kegiatan HUT RI difokuskan di Kabupaten.

"Animo sekolah-sekolah dan juga masyarakat untuk mengirimkan peserta dalam kegiatan pawai baris berbaris ini sangat luar biasa," ujarnya.

Tidak hanya diikuti oleh ratusan peserta, lomba pawai baris berbaris pada hari pertama yakni tingkat PAUD dan SD disaksikan dengan antusias oleh masyarakat.

"Masyarakat sangat antusias untuk menyaksikan kepiawaian para peserta dalam mengikuti lomba pawai baris berbaris hari ini, karena sejak pagi mereka sudah memadati rute yang akan dilewati oleh peserta," ujarnya.

Adapun rute PBB tingkat PAUD sederajat dimulai star dari lapangan merdeka-Jalan Teuku Umar-Jalan A Yani-Jalan Jend Sudirman-Jalan Merdeka dan finasi di Pantai Nek Aji.

Kemudian untuk tingkat SD/sederajat rute yang dilalui dari lapangan merdeka-Jalan Teuku Umar-Jalan A Yani-Jalan Jend Sudirman-Jalan Merdeka dan kembali finish di lapangan merdeka.

"Untuk kegiatan pawai baris berbaris indah tingkat SMP dan SMA akan dilaksanakan pada besok Rabu (21/8), sedangkan untuk karnaval dengan peserta umum dilaksanakan pada Kamis (22/8)," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024