Sebanyak 61 tim peserta dari berbagai kelompok mengikuti Karnaval Pembangunan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia yang digelar di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Karnaval pembangunan tahun ini diikuti sejumlah kalangan, terdiri dari pelajar sekolah, instansi pemerintah, komunitas masyarakat dan kategori umum," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Kamis.

Pada kegiatan ini panitia membagi kategori tim peserta, yaitu peserta pejalan kaki, sepeda hias, sepeda motor hias dan mobil hias sehingga menambah semarak dan variasi tampilan yang disuguhkan kepada penonton.

Para peserta menampilkan berbagai atraksi sepanjang perjalanan karnaval yang menempuh jarak sekitar lima kilometer menyusuri pusat Kota Mentok. 

"Kami memberikan apresiasi kepada seluruh peserta dan masyarakat yang ikut terlibat menyemarakkan perayaan ini, kita berupaya ke depan kegiatan bisa semakin meriah dan menarik banyak wisatawan datang menyaksikan kegiatan seru ini," katanya.

Selain menggelar karnaval pembangunan, kata dia, untuk tahun ini Pemkab Bangka Barat juga akan melaksanakan kegiatan karnaval budaya.

"Tidak lama lagi kita ada kegiatan karnaval budaya, semoga kegiatan seperti ini bisa bermanfaat, terutama dalam pengembangan usaha para pelaku UMKM, kita akan terus memberikan hiburan bagi masyarakat," katanya.

Selain itu, kata dia, melalui berbagai kegiatan budaya yang digelar bisa menumbuhkan semangat ikut berpartisipasi dalam pembangunan, kegiatan ini juga merupakan salah satu momentum untuk menunjukkan kreativitas dan inovasi guna memperkuat semangat persatuan warga Bangka Barat.

"Mari kita bersama-sama memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan daerah," katanya.

Sebanyak 61 tim peserta yang mengikuti karnaval pembangunan tahun ini, terdiri dari delapan tim kategori pejalan kaki SD, sembilan tim  SMP, lima tim SMA dan 17 tim umum. Sedangkan untuk sepeda hias diikuti tujuh tim SD dan dua tim SMP, sepeda motor hias enam tim, dan mobil hias diikuti enam tim.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024