"Dari 18 parpol yang dinyatakan tidak lolos verifikasi administrasi di KPU Pusat, di Bangka Barat hanya tujuh parpol yang mendaftar sejak awal," ujar Anggota KPU Bangka Barat Kusumawan Ariyanto di Muntok, Selasa.

Dalam upaya verifikasi ulang tersebut, kata dia, KPU Bangka Barat akan menerjunkan empat tim untuk mempercepat proses tersebut karena waktu yang diberikan terlalu singkat yaitu dari 5 hingga 11 Desember 2012.

Tujuh parpol yang tidak lolos verifikasi awal tersebut terdiri dari Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Nasional Republik (Nasrep), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) dan Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB),

Lima partai ini sebenarnya sejak awal sudah melengkapi semua persyaratan, seperti kepengurusan dan kartu tanda anggota partai yang memenuhi kuota, kata dia.

sementara dua partai lainnya, yaitu Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) sejak awal sudah menyerahkan daftar kepengurusan dan Partai Nasional Benteng Kemerdekaan Indonesia (PNBKI) hanya jumlah KTA yang kurang.

Ia mengatakan, verifikasi dilakukan sesuai putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI yang merekomendasikan KPU melakukan verifikasi 18 partai politik yang tidak lolos verifikasi administrasi.

"Tim akan segera bergerak pada 5 Desember 2012, dengan harapan proses tersebut segera selesai yang selanjutnya akan diserahkan ke KPU Provinsi Babel," ujarnya.

Ia mengatakan, proses verifikasi akan dilakukan langsung oleh tim yang terdiri dari anggota KPU dibantu pegawai andiminstrasi Sekretariat dengan langsung turun ke lapangan.

Sementara itu, berdasarkan surat edaran Nomor 681/KPU/XII/2012 yang dilansir KPU melalui situs resminya, verifikasi faktual untuk tingkat pusat dan provinsi dijadwalkan akan berlangsung antara tanggal 5-7 Desember 2012. Sedangkan di tingkat kabupaten/kota berlangsung antara tanggal 5-11 Desember 2012.

Untuk masa perbaikan dan penyusunan berita acara, berturut-turut dilaksanakan setelah tenggat waktu tersebut.

Dalam surat edaran tersebut juga dijadwalkan pengumuman peserta Pemilu 2014 akan dilakukan sepanjang tanggal 9-11 Januari 2013.

Pewarta:

Editor : Donatus Dasapurna Putranta


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2012