Ribuan jamaah merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah di Masjid Al-Istiqomah Desa Lalang Jaya, kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kamis (5/9/24) malam. 
 
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah ini menghadirkan Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH. Cholil Nafis. Hadir pula Bupati Beltim Burhanudin, Wakil Bupati Beltim, Khairil Anwar, Ketua Umum MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Forkopimda, pimpinan OPD, Ormas Islam serta para Camat dan Kepala Desa. 
 
Ketua Pengurus Masjid Al-Istiqomah Manggar, Edi Febrianto mengatakan tahun ini peringatan Maulid dilaksanakan di awal Bulan Rabiul Awal. Hal ini jarang terjadi mengingat biasanya mesjid yang dibangun tahun 1997 ini biasanya memperingati paling akhir. 
 
“Biasanya kami laksanakan di akhir Bulan Rabiul Awal, bahkan sudah masuk Rabiul Akhir. Karena bertepatan dengan ada penceramah KH. Cholil kami duluan yang peringati Maulid,” ungkap Edi. 
 
Seperti biasanya Masjid di Dusun Harapan ini menyiapkan ribuan ‘Berkat’ atau hantaran Maulid. Bahkan untuk antisipasi jamaah yang membludak panitia menyiapkan 1.900 berkat untuk seluruh jamaah. 
 
“Alhamdulillah semua sudah kita siapkan. Total berkat yang kita bagikan mencapai 1.700-an, semua jamaah kebagian, sisanya untuk panitia,” ujar Edi.
 
Sementara itu Bupati Beltim, Burhanudin menyatakan sangat menghargai kerja keras dan semangat dari para pengurus mesjid yang terus berusaha menjaga kebersamaan dan menghidupkan nilai-nilai Islami di tengah masyarakat.
 
Ditekankanya bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad bukanlah hanya sekedar sebuah perayaan, melainkan juga waktu yang tepat untuk kita merenungkan ajaran-ajaran yang beliau sampaikan kepada umatnya.
 
“Sebagai Bupati, terkadang saya sering merenung, bagaimana cara saya bisa meniru kepemimpinan Rasulullah dalam mengurus daerah ini. Tentunya, tidak mudah, tapi kita semua bisa berusaha,” kata Aan sapan Burhanudin.
 
Lebih lanjut, Aan mengatakan Nabi Muhammad mengajarkan seluruh umat untuk selalu berlaku adil, merangkul semua golongan, dan selalu mengutamakan kepentingan bersama. Aan berharap, dengan meneladani sifat-sifat Rasul, semua bisa berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang lebih damai, lebih rukun, dan lebih sejahtera.
 
“Saya selaku Pimpinan Daerah senantiasa mendukung penuh segala macam bentuk kegiatan yang sifatnya positif, termasuk acara maulid Nabi Muhammad SAW Kabupaten Belitung Timur pada malam hari ini kita ikuti. Majelis seperti ini sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kualitas ibadah kita dan juga membangun tali Ukhuwwah Islamiyah diantara kita para umat muslimin,” ujar Aan. 

Pewarta: Dirga Firgiawan

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024