Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung(Babel)  menyatakan sebanyak 11 tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada 2024 dalam kategori sangat rawan, sehingga pengamanan dilakukan secara ketat agar pelaksanaan pesta demokrasi berjalan kondusif.

"Kita sudah memetakan TPS ini, agar pemilihan kepala daerah nanti berjalan aman, lancar, tertib dan menyenangkan," kata Karo Ops Polda Babel Kombes Pol Muhamad Erwin di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan jumlah total TPS Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Kepulauan Babel sebanyak 2.197 TPS dan Polda Kepulauan Babel memetakan tingkat kerawanannya dengan rincian TPS khusus sebanyak delapan, sangat rawan 11, rawan 100, kurang rawan sebanyak 1.793 tps.

"Sebanyak 11 TPS sangat rawan ini tersebar di Kabupaten Bangka ada tiga, Bangka Tengah sebanyak tiga, Bangka Barat dua TPS dan Belitung tiga unit TPS," katanya.

Ia menyatakan jumlah DPS pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kepulauan Babel Tahun 2024 yang ditetapkan KPU Provinsi Kepulauan Babel sebanyak 1.086. 668 orang pemilih terdiri jumlah pemilih laki-laki 533.400 orang dan perempuan 553.428 orang tersebar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

"Kita sudah membentuk pos pengamanan di masing-masing kabupaten/kota, guna memastikan kondusifitas masyarakat selama tahapan pilkada tahun ini," katanya.

Ia menyatakan dalam pengamanan pilkada serentak tahun ini, 3.127 personel Polda dan Polres se-Kepulauan Bangka Belitung.

"Ada 3.127 personel, seluruh anggota Polda dan Polres di Bangka Belitung kita turunkan dan unsur yang terlibat dari TNI, Polri dan semua mitra kamtibmas," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024