Makassar (Antara Babel) - Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan Lantamal (Yonmarhanlan VI) melakukan serangkaian latihan patroli tempur (Trolpur) di Desa Salekoe, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara (Lutra).

"Latihan patroli tempur ini merupakan salah satu latihan rutin bagi anggota demi menjaga keahlian dan kemampuan para prajurit," ujar Kapten Marinir Umar Dalle yang dikonfirmasi, Rabu.

Dia mengatakan, latihan Trolpur ini meliputi patroli penyelidik yang berfungsi melaksanakan penyelidikan komposisi pasukan, kekuatan serta peralatan yang digunakan oleh musuh.

Kemudian ada latihan patroli sektor yang berfungsi untuk mengecek sektor-sektor pertahanan yang dimiliki musuh termasuk seberapa besar kekuatan pertahanan musuh.

"Dua materi latihan itu yang akan dilakukan selama pelatihan berlangsung. Seperti pepatah yang mengatakan, kami tidak hebat tetapi kami terlatih," katanya.

Kapten Marinir Umar Dalle yang mengomandoi langsung latihan itu menyebut jika Trolpur merupakan latihan perdana marinir di Desa Malangke, sesuai rencana prajurit yang akan latihan di tempat ini selama satu bulan penuh. Dalam latihan kali ini, prajurit Marinir berjalan mengelilingi Desa Salekoe
    
Menurut Umar Dalle latihan ini untuk meningkatkan profesionalisme prajurit Yonmarhanlan VI dan memelihara kemampuan pengetahuan tempur prajurit.

"Diharapkan latihan ini menghasilkan kinerja yang optimal untuk selanjutnya di implementasikan dalam pelaksanaan tugas sesungguhnya," ucap dia.

Pewarta: Muh Hasanuddin

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016