Cabang olahraga bulu tangkis nomor perorangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 akan memasuki babak final di GOR PBSI Sumut, Deli Serdang pada besok Kamis (19/9) mulai pukul 11.00 WIB.

Dari lima laga final yang akan dimainkan di final besok, ada dua partai antara Jawa Tengah (Jateng) yang bertajuk "All Jateng Final" pada tunggal putra dan ganda putri.

Hal ini tercipta setelah tunggal putra Zaki Ubaidillah dan tunggal putra Richie Duta Ricardo mengalahkan wakil-wakilnya di semifinal.

Ubaid menaklukkan unggulan ketiga dari Jawa Barat, Fachri Akbar Romadhon, dengan skor 21-15, 21-11, sedangkan Richie menghentikan langkah wakil Jawa Timur (Jatim) Muhammad Rizky Akbar, dengan skor 22-20, 8-21, dan 21-8.

Untuk ganda putri, Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma melangkah ke final setelah mengalahkan wakil DKI Jakarta Nabila Cahya Permata Ayu/Reva Olivia Damayani (DKI Jakarta) dengan skor 22-20, 16-21, 21-12.

Langkah mereka kemudian disusul oleh Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina yang menang 21-16, 21-19 dari pasangan Aceh Mutia Dita Ainul Baroroh/Rista Berlian Maharani.

Dari tunggal putri, laga final akan menyajikan unggulan keenam milik Jateng Sausan Dwi Ramadhani melawan wakil Jawa Timur (Jatim) Aurelia Salsabila.

Lalu dari sektor ganda putra, Gilang Krisandi Toyo Pramana/Kleopas Binar Putra Prakoso, unggulan keempat milik Jatim akan melawan wakil Jawa Barat (Jabar) yang merupakan unggulan kedua, Galuh Dwi Putra/Muhammad Gibran Arfiansyah.

Terakhir, untuk laga ganda campuran, wakil Jateng Michael Owen/Bernadine Anindya Wardana melawan unggulan ketiga milik Jabar Muhammad Rafi Alayman Jafar/Farica Abela.

Untuk sementara ini, Jateng sudah dipastikan menjadi juara umum bulu tangkis PON 2024 dengan torehan empat emas. Prestasi ini mengulangi torehan Jateng di PON 2012 yang menjadi juara umum bulu tangkis dengan tiga emas, tiga perak, dan tiga perunggu.

Berikut jadwal lengkap final bulu tangkis PON 2024, Kamis (19/9):

Tunggal putra
Zaki Ubaidillah (Jawa Tengah) vs Richie Duta Richardo (Jawa Tengah)

Tunggal putri
Sausan Dwi Ramadhani (Jawa Tengah) vs Aurelia Salsabila (Jawa Timur)

Ganda putra
Gilang Krisandi Toyo Pramana/Kleopas Binar Putra Prakoso (Jawa Timur) vs Galuh Dwi Putra/Muhammad Gibran Arfiansyah (Jawa Barat).

Ganda putri
Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma (Jawa Tengah) vs Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina (Jawa Tengah).

Ganda campuran
Michael Owen/Bernadine Anindya Wardana (Jawa Tengah) vs Muhammad Rafi Alayman Jafar/Farica Abela (Jawa Barat).

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024