Perpustakaan Desa Cendil, Kabupaten Belitung Timur berhasil meraih peringkat pertama lomba Galeri Pelangi Gemar Membaca dalam kegiatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) Provinsi Bangka Belitung Tahun 2024.

Kepala Perpustakaan Desa Cendil, Eka Ria Lestari mengucapkan rasa bangga dan sekaligus senang dengan hasil yang didapat oleh perpustakaan Desa Cendil.

"Berkat kerjasama tim ini kami merasa senang dan bangga atas hasil ini, pengumuman hasil ini tanggal 18 September 2024 lalu dari Surat Keputusan PJ Gubernur Babel," ucap Eka kepada ANTARA di Manggar, Minggu (22/09/2024).

Eka mengatakan bahwa program yang yang berhasil membawa mereka memenangkan lomba ini ada 3 program pokok yaitu Koleksi (Keluarga Melek Literasi), Kotak Ilmu yang berisi masukan dan saran, dan pojok baca yang ditempatkan di daerah wisata serta tempat-tempat umum di Desa Cendil.

"Kami lakukan dan galakkan program-program dasar yang mudah untuk bisa diterima oleh masyarakat sekitar, untuk membangun budaya literasi khususnya anak muda di Desa Cendil," ujarnya.

Selain itu, Perpustakaan Desa Cendil juga menerapkan program inovasi berupa One Day One PR, yaitu berupa pekerjaan rumah untuk anak-anak sekolah yang dikerjakan setiap harinya di Perpustakaan Desa Cendil tersebut.

Selanjutnya ada program bimbingan belajar untuk siswa SD dan SMP di Perpustakaan, inovasi lainnya yaitu program Kater (Kesenian dan Keterampilan) di perpustakaan untuk mengembangkan minat para anak-anak muda.

"Ya kita fokuskan supaya perpustakaan bisa tetap ramai setiap harinya, dan kita juga mewajibkan membaca setidaknya 5 menit setiap ke perpustakaan," kata Eka.

Eka menambahkan bahwa perpustakaan Desa Cendil ini dibina oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala Desa Cendil, serta Dinas Perpustakaan Kabupaten Belitung Timur.

"Kami selaku pengelola perpustakaan mengucapkan terimakasih atas binaan dan bimbingan dari semuanya yang telah membimbing kami untuk kelancaran lomba HKG tingkat provinsi," tukasnya. 

Pewarta: Dirga Firgiawan

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024