Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat untuk mengembangkan potensi kerajinan yang ada di daerah itu.

"Saya harap Dekranasda bisa menjalankan misinya menggali dan mengembangkan kerajinan tangan, meningkatkan usaha perajin, kualitas dan desain produk kerajinan serta memperluas jaringan pemasaran produk kerajinan Pangkalpinang baik di dalam maupun luar negeri," kata Wakil Wali Kota Pangkalpinang, M Sopian, Sabtu.

Ia berharap melalui galeri Dekranasda citra destinasi pariwisata dan Kota Pangkalpinang akan menguat dan semakin dikenal di di Indonesia bahkan mancanegara.

"Yang terpenting Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis kearifan lokal dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di Kota Pangkalpinang," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini harus menyadari dan mulai mereposisi perekonomian dari berbasiskan pertambangan ke basis lainnya yang tidak tergantung kepada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

"Mulai sekarang kita harus berpikir inovatif, yakni mulai mengembangkan kegiatan-kegiatan seperti kepariwisataan dan ekonomi kreatif yang dinilai bisa meningkatkan perekonomian kita," katanya.

Ia meminta kepada masyarakat di kota itu dapat terus berkarya dengan inovatif bagi pembangunan Kota Pangkalpinang, sehingga bisa menyejahterakan seluruh masyarakat.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016