Kepolisian Resor Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperkuat Satuan Tugas Keamanan Lingkungan (Satkamling) sebagai pilar pembantu dalam mendukung pemilihan kepala daerah (pilkada) damai di daerah setempat.

"Dalam rangka mendukung penguatan keamanan pelaksanaan pesta demokrasi, kita menggelar apel Satkamling untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel," kata Kapolres Bangka Tengah AKBP Pradana Aditya Nugraha di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, Satkamling terdiri atas beberapa pilar yang terlibat, yaitu TNI/Polri, Satpol PP, dan Linmas yang ada di setiap desa.

"Kita tetap bersinergi dengan pemerintah daerah dalam memperkuat Satkamling yang dibentuk di seluruh desa yang ada di daerah ini," ujarnya.

Pada level desa, kata Aditya, ada beberapa pilar yang terlibat dalam Satkamling pilkada damai, yaitu Linmas, pihak desa, kelurahan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

"Unsur ini paling dilibatkan dalam memperkuat Satkamling dalam rangka menciptakan Pilkada Serentak 27 November 2024 yang aman dan damai," ujarnya.

Ketua DPRD Bangka Tengah Batianus mengatakan, keberadaan aparat penegak hukum sangat dibutuhkan dalam menjaga situasi agar tetap kondusif menjelang Pilkada 2024.

"Kita tentu saja memberikan apresiasi kepada pihak kepolisian dalam meningkatkan pola dan sistem keamanan pada masa Pilkada 2024," ujarnya.

Batianus mengatakan, aparat kepolisian perlu meningkatkan sinergisitas dan berkolaborasi dengan perangkat desa untuk menciptakan suasana yang kondusif.

"Tentu saja ini sangat membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam menciptakan pesta demokrasi yang damai dan aman di masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024