Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan sebagian besar daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpotensi hujan disertai petir pada Senin (26/9).

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan juga angin kencang yang terjadi pada siang hingga sore hari," kata Staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang, Evi Diana Prihatiningsih, Minggu.

Daratan yang berpotensi hujan sedang yaitu Pangkalpinang, Koba, Sungai Selan, Toboali, Tanjungpandan, dan Selat Nasik, sementara di Mentok, Sungailiat, Belinyu, Jebus, dan Manggar hanya berpotensi hujan ringan.

Rata-rata kecepatan angin di provinsi ini berkisar 6-22 kilometer per jam dari Timur ke Selatan dengan suhu 23-32 derajat celcius dan kelembaban udara 64-98 persen.

Sementara itu, tinggi gelombang signifikan di Selat Bangka berkisar 0,25 meter, di Selat Gelasa, Utara Bangka, Selatan Bangka dan Selat Karimata 0,5 meter. Rata-rata kecepatan angin di perairan itu berkisar 8-30 kilometer per jam dari Timur ke Selatan.

"Meskipun terpantau ketinggian gelombang normal namun diharapkan nelayan dan jasa angkutan laut tetap waspada karena ketinggian gelombang dapat mencapai dua kal dari tinggi sebelumnya," ujarnya.

Selanjutnya, pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,40 meter, Membalong Belitung 2,44 meter, Toboali Bangka Selatan 2,10 meter, Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,92 meter.

Kemudian di Muntok Bangka Barat 1,66 meter, di Tanjungpandan Belitung 1,69 meter dan di Belinyu Kabupaten Bangka 1,66 meter.  
    
"Sebaiknya periksa dulu alat keselamatan ketika hendak melaut apakah sudah lengkap atau belum agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama berlayar," ujarnya.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016