Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau warga di daerah itu mewaspadai potensi angin kencang pada Selasa (27/9).

"Potensi angin kencang akan disertai guyuran hujan sedang hingga deras dan petir yang terjadi pada siang hingga sore hari," kata staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang Deas Achmad Rivai, Senin.

Daratan di Pangkalpinang, Koba, Sungai Selan, Tanjungpandan, Toboali, dan Manggar berpotensi hujan dengan intensitas sedang, sementara di Mentok, Belinyu, Sungailiat, Jebus, dan Selat Nasik hanya berpotensi hujan ringan.

Rata-rata kecepatan angin di provinsi ini berkisar 6-22 kilometer per jam dari timur ke selatan, suhu 23-32 derajat Celcius, dan kelembaban udara 64-98 persen.

"Waspadai kondisi cuaca yang dapat berubah sewaktu-waktu terutama dalam skala lokal," ujarnya.

Ia juga mengimbau nelayan tradisional untuk mewaspadai ketinggian gelombang karena dapat berubah sewaktu-waktu.

Tinggi gelombang signifikan di Selat Bangka, Selat Gelasa, utara Bangka, dan selatan Bangka berkisar 0,25 meter, sedangkan di Selat Karimata 0,75 meter.

"Ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali dari ketinggian gelombang signifikan," ujarnya.  
    
Pasang air laut maksimum di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,41 meter, Membalong Belitung 2,39 meter, Kelapa Kampit Belitung Timur 1,84 meter, dan Toboali Bangka Selatan 2,02 meter.

Kemudian di Muntok Bangka Barat 1,68 meter, Tanjungpandan Belitung dan Belinyu Kabupaten Bangka masing-masing 1,65 meter.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016