Presiden Prabowo Subianto menugaskan Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Koperasi serta Ferry Joko Juliantono sebagai Wakil Menteri Koperasi dalam Kabinet Merah Putih, seperti yang diumumkan di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu malam (20/10).

Budi Arie Setiadi ketika ditemui awak media usai menghadiri pengumuman nama-nama menteri Kabinet Merah Putih menyatakan bahwa ia dan jajaran kementerian di bawah tanggung jawabnya nanti diminta untuk meningkatkan tata kelola dan kapasitas pengelola koperasi di seluruh Indonesia.

Penugasannya sebagai Menteri Koperasi menandakan adanya pemisahan lembaga yang tadinya disebut sebagai Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menjadi Kementerian Koperasi dan Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Saat ditanya terkait penyesuaian anggaran khusus dengan adanya perubahan struktur kementerian tersebut, ia menyatakan bahwa hal tersebut masih akan dibahas.

“Nanti dibicarakan pada rapat paripurna Kabinet Merah Putih pertama yang nanti dilaksanakan Rabu (23/10),” ujarnya.

Budi Arie merupakan salah satu menteri era Presiden RI ke-7 Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden RI ke-13 Ma’ruf Amin yang kembali dipanggil mengisi jabatan di kabinet Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Pada kabinet sebelumnya, ia menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan dan Informatika.

Setelah dipanggil Prabowo ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Selasa (15/10), Budi Arie mulai santer dikabarkan menduduki jabatan Menteri Koperasi.

Ia dan Maman Abdurrahman, yang kini ditunjuk menjadi Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pun menemui mantan Menteri Koperasi dan Usaha, Kecil, Menengah (Menkop UKM) era Kabinet Indonesia Maju Teten Masduki pada Jumat (18/10) untuk membahas rencana kerja pada masa transisi pemerintahan baru.

Sementara Wakil Menteri Koperasi Ferry Joko Juliantono dikenal sebagai penggiat koperasi yang menjadi salah satu dari 100 tokoh koperasi Indonesia yang ditulis dalam buku “Apa dan Siapa 100 Orang Koperasi Indonesia” karya penggiat koperasi dan jurnalis senior Irsyad Muchtar.

Ferry Juliantono kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin). Ia juga merupakan politisi Partai Gerindra yang bertugas sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Massa. 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024