Federasi sepak bola Indonesia atau PSSI memastikan tidak akan mengintervensi pemilihan pemain yang dilakukan pelatih Shin Tae-yong (STY) di timnas Indonesia untuk Piala AFF 2024 yang bergulir mulai awal Desember.

"PSSI menyediakan pemain-pemainnya, silakan pelatih memilih mana yang dia mau, tetap (pemilihan pemain) ada di kewenangannnya STY," kata anggota Exco PSSI Arya Sinulingga ketika ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

Arya mengatakan hal ini setelah turnamen sepak bola level Asia Tenggara itu tidak masuk dalam kalender resmi FIFA.

Hal ini membuat ketersediaan pemain-pemain timnas pada turnamen yang dimainkan pada 8 Desember 2024 sampai 5 Januari 2025 itu terbatas karena kompetisi Eropa, kompetisi di mana banyak pemain-pemain andalan timnas berkarier, tidak libur.

"Jadi kita kita enggak akan intervensi, seperti harus gunakan pemain muda dari Liga 1, tidak. Pokoknya pemain disiapkan semua silakan pilih sesuai dengan kebutuhan yang ada," jelas Arya.

Sementara itu, pada kesempatan berbeda, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus mengatakan Liga 1 Indonesia musim ini tidak akan libur saat berlangsungnya Piala AFF 2024.

Berdasarkan jadwal terkini, selama Piala AFF berlangsung, pada rentang tanggal tersebut, Liga 1 tengah memainkan pertandingan pekan ke-13 hingga ke-17.

"Jalan terus liga, kita berhenti kalau sudah H-4 FIFA Match Day (FMD). Selebihnya jalan terus untuk U-20, U-17," kata Ferry. 

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024